Headline

Hari ini, KPU Umumkan Nama-Nama Caleg Bekas Napi Koruptor

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Hari ini, KPU Umumkan Nama-Nama Caleg Bekas Napi Koruptor - Headline

STOP - Ilustrasi caleg bekas napi koruptor. Foto : Dok/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini bakal mengumumkan kepada publik para calon anggota legislatif baik tingkat DPRD Kabupaten/Kota dan Provinsi maupun DPR RI yang berstatus sebagai mantan narapidana (napi).

Ada tiga jenis napi yang akan diumumkan yakni korupsi, kejahatan seksual, dan bandar narkoba. "Sebenarnya kalau tidak ada halangan hari ini (diumumkan)," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Kawasan jalan Medan Merdeka Barat Gambir Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).

Awalnya KPU melarang ketiga jenis pidana di atas untuk mencalonkan sebagai anggota legislatif. Aturan itu termaktub dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 20 tahun 2018 pasal 4 ayat 3 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Akan tetapi lantaran adanya judicial review di Mahkamah Agung (MA), bagi caleg yang merupakan bekas narapidana diatas diperbolehkan nyaleg. Arief menegaskan, masyarakat harus mengetahui track record para calon wakil rakyat. Makanya KPU mengumumkannya.

"UU memerintahkan kalau dia eks koruptor dengan ketentuan itu semua, ada yang diancam diatas 5 tahun itu harus declear. Bagian dari declear itu KPU mempublikasikannya," jelasnya.

Meski begitu, lanjut Arief, KPU tidak akan mempublikasikan hal-hal privasi caleg yang bersangkutan. "Privasi seseorang itu tidak boleh diinformasikan. Misalnya kondisi jantungnya begini, nah itu tidak boleh diinformasikan," katanya.(jaa)

 

Berita Terkait

Headline / ODGJ Sudah Tahu Parpol

Nasional / KPU Prioritaskan Pencoblosan TKI

Nasional / Kotak Suara Kardus Rusak

Headline / Oh No, Delapan Caleg Ini Ternyata Bekas Napi Korupsi

Headline / Gara-gara Kotak Suara Rusak, Bawaslu Sindir KPU

Politik / 2.049 Caleg Masih Misterius


Baca Juga !.