Indotainment

Vanessa Angel Dijebloskan ke Penjara

Redaktur: Achmad Sukarno
Vanessa Angel Dijebloskan ke Penjara - Indotainment

DIPERIKSA - Artis berinisial VA berjalan masuk ke ruangan pemeriksaan di Gedung Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (30/1/2019). Foto : Didik Suhartono/WSJ/ANTARA FOTO

INDOPOS.CO.ID Kasus prostitusi online yang melibatkan artis Venessa Angel memasuki babak baru. Kasus yang sempat membuat heboh kalangan selebritis tersebut mengantarkan Vanessa Angel ke penjara.

Ini setelah Penyidik Polda Jawa Timur (Jatim) menyelesaikan pemeriksaan terhadap artis FTV tersebut. Selanjutnya, tersangka kasus dugaan prostitusi online itu ditahan.

Kabid Humas Polda Jatim Frans Barung Mangera mengatakan, penahanan dilakukan dengan alasan objektif. Yakni, pasal 27 ayat 1 UU ITE yang dikenakan kepada Vanessa ancaman hukumannya di atas 5 tahun penjara.

Ada pula beberapa pertimbangan subjektif dari penyidik Cyber Crime. Pertama, penyidik menilai Vanessa telah menghilangkan barang bukti. Kedua, Vanessa dianggap melarikan diri. Ketiga, polisi menganggap sang artis telah mengulangi perbuatannya.

”Semua itu (penilaian subjektif) akan terangkum dalam surat penahanan,” kata Barung di Mapolda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Rabu (30/1/2019).

Selain itu, Barung menekankan pada ancaman hukuman yang termuat dalam pasal 27 ayat 1 UU ITE. Pasal itulah yang mendorong polisi memutuskan untuk menahan Vanessa.

"Terhitung mulai hari ini Rabu, (30/1/2019) hingga 20 hari ke depan. Soal penghilangan barang bukti Itu syarat subjektif saja. Dikhawatirkan saja," ucap Barung.

Selain Vanessa, penyidik juga kemungkinan menahan artis lain. Polisi akan memublikasikannya jika memang ada artis lain yang ditetapkan sebagai tersangka. "(Pengajuan penangguhan penahanan) Nanti diajukan pengacaranya, sebagai bentuk pendampingan," tegasnya.

Menanggapi penahanan tersebut kuasa hukum Vanessa Angel tidak habis pikir. Pasalnya, dia dan kliennya selama ini bertindak kooperatif dan sesuai prosedur."Nggak ngerti saya (kenapa Vanessa ditahan)," ungkap kuasa hukum Vanessa Angel, Milano Lubis dihubungi awak media.

Yang pasti, penahanan membuat Vanessa kaget. ”Dia syok banget lah. Ini dia sedang menjalani pemeriksaan dengan pemberitaan seperti itu. Dia (Vanessa) nangis terus ini sepanjang pemeriksaan," ungkap Milano.

Menurut Milano, pihak kepolisian terlalu cepat memberikan pernyataan perihal penahanan kliennya. Padahal, posisi Vanessa masih menjalani pemeriksaan.

"Ya mana, kan itu Vanessa masih di BAP. Seperti kemarin, pemeriksaannya belum selesai sudah ditetapin tersangka. Jadi, sekarang pemeriksaan belum selesai sudah bilang mau ditahan," lanjutnya.

Hingga saat ini, Vanessa masih dalam keadaan terpukul. Sehingga, pemeriksaan pun dijalaninya sambil menangis.

"Gimana nggak menangis, beritanya sudah seperti itu. Vanessa masih diperiksa dan nangis terus karena berita di luar sudah tidak kondusif," tandasnya.

Perihal barang bukti, menurut Milano sudah disita pihak kepolisian sejaak awal. Oleh karena itu, dipastikan Vanessa tidak akan menghilangkan barang bukti. ”Terus dibilangnya kalaupun ditahan, itu untuk tidak menghilangkan barang bukti. Barang bukti apa yang mau dihilangkan? Handphone-nya sudah ditahan, rekening sudah ditahan. Lalu (bukti) yang mana? Nah terus dibilang mau melarikan diri. Kita dari kemarin kooperatif lho," tandasnya.

Vanessa diperiksa sebagai tersangka Rabu (30/1/2019), dia datang sejak pukul 11.00 WIB, semua syarat administrasi sudah dipenuhi, termasuk surat perintah penahanan telah ditandatangani.(sof/ash)

 

Berita Terkait

Daerah / Vanessa Stres di Tahanan

Nasional / Komnas Perempuan Endus Aroma Kekerasan Industri Hiburan 

Indotainment / Vanessa Angel Ajukan Penanguhan Penahanan

Indotainment / Vanessa Angel Dipenjara, Keluarga Pasrah

Headline / Vanessa Angel Resmi Ditahan

Indotainment / Vanessa Angel Mangkir dari Panggilan Polda Jatim


Baca Juga !.