Internasional

Angin Kencang Terjang Sydney, Suhu Turun Hingga 12 Derajat

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Angin Kencang Terjang Sydney, Suhu Turun Hingga 12 Derajat - Internasional

PUTING BELIUNG-Ilustrasi cuaca ekstrem menerpa Kota Sydney, Australia beberapa waktu lalu. FOTO:IST

INDOPOS.CO.ID - Angin kencang dari selatan menerjang Sydney pada kamis sore (31/1/2019). Penurunan suhu ekstrem terjadi di beberapa kota dan memaksa hari yang panas berakhir begitu saja. Suhu turun drastis dari 37 derajat menjadi 25 derajat dalam waktu 15 menit di Sydney Airport. Angin kencang berhembus hingga 89 km/jam pada pukul 17.43 sore waktu setempat. Sedangkan yang paling kencang tercatat menerjang Molineaux Point di Botany Bay pada pukul 17.43 sore dengan kecepatan 109 km/jam.

Sebagian besar wilayah Sydney kini sudah mengalami penurunan suhu perubahan cuaca yang kini beranjak naik ke pesisir New South Wale seperti dilaporkan oleh the Guardian. Penurunan suhu yang diikuti panas yang meluas di seluruh kota dengan suhu naik hingga 39,3 derajat di Observatory Hill pada sore hari sekitar pukul 4:30. Suhu terpanas yang pernah tercatat di CBD sepanjang musim panas ini. Suhu yang panas diperparah dengan adanya 45.000 rumah kehilangan daya listrik di pinggiran timur Kota Sydney akibat gulma yang terlalu tinggi.

Kecepatan rata-rata angin selatan biasanya sekitar 55-65 km/jam. Namun biro cuaca memperingatkan bahwa kemungkinan hembusan angin hingga 90 km/jam terjadi di sepanjang pantai Illawarra pada kamis sore dan meluas ke utara.

Daerah pinggir pantai Sydney diperkirakan akan terkena dampak pada siang atau sore hari dan pantai tengah pada sore hari. Biro cuaca telah mengeluarkan peringatan tentang angin yang dapat merusak sepanjang pinggir pantai Sydney, Wollongong, Woy Woy, The Entrance, Bulli, Port Kembla, dan Kiama. (fay)

Berita Terkait

Daerah / Cuaca Ekstrem Ancam Lampung

Nasional / Jokowi-Ma’ruf Unggul di Sydney

Politik / Bawaslu Kaji Ketegangan Pemilu di Sydney

Daerah / Bangunan Sekolah Ambruk, Siswa MTs Belajar di Tenda

Megapolitan / Angin Kencang Jadi Ancaman, KRB Ditutup Sementara


Baca Juga !.