Headline

Lakukan Pengujian, Bawaslu Dapati Kotak Suara Penyok di Jawa Barat

Redaktur: Ali Rahman
Lakukan Pengujian, Bawaslu Dapati Kotak Suara Penyok di Jawa Barat - Headline

Bawaslu Jawa Barat uji ketahanan kotak suara Pemilu 2019. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Kotak suara penyok kembali ditemukan. Temuan ini didapat dalam inspeksi mendadak (sidak) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat di lokasi penyimpanan kotak yang terbuat dari karton tersebut.

Komisioner Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengaku mendapat laporan demikian dari anak buahnya di Jawa Barat. Menurut Afif, para jajarannya sengaja memilih secara acak ribuan kotak suara yang tersimpan digudang. Lalu mendudukinya untuk menguji daya tahan kotak.

"Nah yang tadi disampaikan ditemukan teman teman Jabar (Jawa Barat). Memang kita minta sidak di beberapa tempat penyimpanan logistik" kata Afif di Gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Ia menduga kerusakan kotak suara terjadi akibat kelembaban di gudang logistik KPU Jawa Barat. "Menurut informasi tadi dari korlap pengawasannya kelihatannya kelembabannya berbeda dengan ketika itu baru datang," ujarnya.

Bawaslu RI juga mendapat laporan segel kotak suara untuk Pemilu 2019 kualitasnya lebih rendah dibanding Pemilu 2014. "Terkait segel, sementara ini kata temen temen Jabar, kualitasnya lebih bagus yang dulu," ujarnya.

Bawaslu sendiri telah mengingatkan KPU sejak lama terkait logistik penyimpanan dan kualitas logistik Pemilu. Atas temuan kerusakan kotak suara dan buruknya kualitas segel di Jawa Barat ini Bawaslu memerintahkan semua Bawaslu daerah untuk melakkan pengecekan di semua gudang logistik KPU di daerah.

"Termasuk surat suara, minggu depan jajaran kita akan masuk ke percetakan yang memenangkan tender," pungkas Afif. (jaa)

Berita Terkait

Megapolitan / Pemprov DKI Bersihkan Sampah Sisa Kericuhan di Bawaslu

Headline / Berharap Prabowo dan Jokowi Foto Berangkulan

Headline / Sore Ini, BPN Ajukan Gugatan ke MK

Nasional / Massa Aksi di Samping Gedung Bawaslu Mulai Bubarkan Diri

Megapolitan / Mayoritas Tersangka Kerusuhan Pengangguran


Baca Juga !.