Megapolitan

BPJS Ketenagakerjaan Cilandak Sinergi dengan BPTSP

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
BPJS Ketenagakerjaan Cilandak Sinergi dengan BPTSP - Megapolitan

KOMPAK-Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin (kedua kiri) dan Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Cilandak Panji Wibisana (kedua kanan) di stan layanan BPJS Ketenagakerjaan One Belpark Mall Jakarta Selatan (31/1/2019).

INDOPOS.CO.ID - BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Cilandak bergabung dengan Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Jakarta Selatan menggelar layanan di One Belpark Mall Jakarta Selatan (31/1/2019). Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah untuk melindungi seluruh masyarakat pekerja dengan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

”Ini salah satu bentuk kerja sama BPJS Ketenagakerjaan dengan aparatur pemerintah di Pemkot Jakarta Selatan. Kami diminta hadir dalam rangka pelayanan terpadu satu pintu di mana kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan layanan di PTSP maupun di BKPM,” ungkap Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Cilandak Panji Wibisana yang didampingi oleh Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Cilandak Achmad Fadillah.

Panji menyebut, pihaknya diberikan amanah oleh undang-undang untuk melindungi seluruh pekerja. Baik itu pekerja formal atau penerima upah (PU) maupun pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU). ”Dalam acara ini kami berikan sertifikat kepada UMKM yang mendaftar sebagai peserta,” ujarnya.

Dikatakan, UMKM yang ada di seputaran Jakarta Selatan ini istimewa. Mereka mengikuti program kepesertaan kategori PU dengan tiga program. Yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

”UMKM harus mendapatkan perlindungan karena sangat rentan dan mimiliki risiko yang tinggi. Di sinilah negara hadir memberikan perlindungan jaminan sosial ketengakerjaan,” cetus Panji. Menurutnya, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan mereka bekerja lebih nyaman dan meningkat produktifitasnya.

Panji menyebut kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan hak sekaligus kewajiban seluruh masyarakat pekerja. Untuk itu pihaknya memberikan surat edaran Wali Kota Jakarta Selatan tentang kewajiban seluruh pemberi kerja dan pekerja se-wilayah Jakarta Selatan kepada mal-mal dan gedung-gedung.

”Semua pekerja tanpa terkecuali apakah itu formal maupun informal itu berhak sekaligus wajib mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Cilandak mencontohkan, di Lokasi Sementara Setu Babakan Jakarta Selatan seluruh UMKM binaan Pemkot Jakarta Selatan berjumlah sekitar 400 semuanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

”Untuk memperluas cakupan kepesertaan kami tempatkan petugas BPJS Ketenagakerjaan di setiap kelurahan wilayah operasional BPJS ketenagakerjaan kantor cabang jakarta cilandak kaitannya dengan layanan perizinan. Tahun ini kami juga optimalkan dan menambah keberadaaan agen Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Nasional) untuk perluasan kepesertaan BPU,” tegasnya.(dni)

Berita Terkait


Baca Juga !.