Bola Lokal

PS Tira Persikabo Misi Besar di Balik Merger

Redaktur: Riznal Faisal
PS Tira Persikabo Misi Besar di Balik Merger - Bola Lokal

GANTI NAMA LAGI - PS Tira kembali berganti nama. Foto : @PSTNI _Official/INSTAGRAM

INDOPOS.CO.ID - Rumor perubahan nama kontestan Liga 1, PS Tira akhirnya terkuak. Klub beraroma tentara itu resmi merger dengan Persikabo Kabupaten Bogor, klub yang selama ini bermain di Liga 3. Nama klub pun berubah menjadi PS Tira Persikabo.

"Mulai musim kompetisi 2019, kami resmi mengusung nama Tira Persikabo yang akan digunakan untuk Piala Indonesia, Piala Presiden, dan Liga Indonesia 2019. Pergantian nama ini sesuai dengan tekad dan harapan kami untuk membangkitkan kembali sejarah sepak bola Bogor," ucap Presiden Klub, Bimo Wirjasoekarta.

Identitas dan sejarah Persikabo sebagai tim kebanggaan masyarakat Bogor pun dipastikan tidak akan hilang. “Ini sifatnya merger, bukan akuisisi. Jadi tidak ada lagi tim di Liga 3 karena sudah bersatu," kata Bimo dalam rilis klub.

Ikhwal merger ini sudah mengemuka sejak awal Januari ini. PS Tira yang memutuskan kembali ke Kabupaten Bogor, menginginkan adanya cita rasa lokal. Dan, Persikabo sebagai "penguasa" di Kab. Bogor menjadi target realistis untuk diajak bergabung. Mereka juga merekrut putra daerah kelahiran Kota Hujan tersebut.

"Niat kami untuk membangkitkan sepak bola Bogor sudah kami mulai dengan mengontrak pemain-pemain kebanggaan masyarakat Bogor seperti Ryan, Munadi, dan Rezky. Bogor mempunyai pemain-pemain berkualitas dan sudah seharusnya mereka berada di Liga 1," ucap Bimo.

Efek dari merger ini juga diharapkan dukungan dari penonton dari Kabupaten Bogor bisa lebih massif. “Mari kita bangkitkan sepak bola Bogor melalui Tira Persikabo agar dapat berkompetisi lebih baik dan disegani lawan dalam kancah nasional dan internasional,” kata Bimo.

PS Tira Persikabo memang menjadi klub Liga 1 yang paling sering berganti nama. Klub ini berawal bernama PS TNI di musim 2017. Memasuki musim 2018, saat harus berpindah markas ke Bantul, mereka mengubah nama menjadi PS Tira. Kini setelah kembali ke Bogor, nama mereka menjadi PS Tira Persikabo.

Kini dengan perubahan nama yang terjadi, ada perubahan prestasi klub yang bermarkas di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. PS Tira Persikabo diharapkan dapat menembus papan atas kompetisi musim 2019.

"Kita berharap prestasi terus membaik. Sesuai target dari manajemen dapat menembus papan atas kompetisi 2019," kata Sekretaris PS Tira Yandri.

Semula PS Tira memang tidak ada rencana merger dengan Persikabo. Mereka hanya menyatakan akan mengubah nama PS Tira dengan memasukkan unsur Kabupaten Bogor. Tapi, Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin memperlihatkan wacana lain. Orang nomor satu di Kabupaten Bogor itu mendukung sepenuhnya merger antara PS Tira dan Persikabo.

"Jalan satu-satunya merger dengan PS Tira. Ini sudah tepat," kata sang bupati.

Menurut Ade, merger dengan PS Tira akan mengangkat nama Persikabo. Apalagi, Kabupaten Bogor memiliki stadion bertaraf internasional, yaitu Stadion Pakansari. Suporter Persikabo yang tergabung dalam Kabomania juga mendukung adanya merger dengan PS Tira. Ini semua demi kemajuan sepak bola Bogor. (*/jpc)

Berita Terkait


Baca Juga !.