Hukum

Mahfud M.D. Tak Temukan Dalil Hukum yang Bisa Pidanakan Rocky Gerung

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Mahfud M.D. Tak Temukan Dalil Hukum yang Bisa Pidanakan Rocky Gerung - Hukum

AHLINYA-Mahfud MD. Foto : Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud M.D. angkat bicara soal kasus yang mendera Rocky Gerung. Ia mengaku belum menemukan dalil hukum yang bisa menjerat Rocky lantaran ucapan ”kitab suci fiksi.”

"Mungkin polisi menemukan dalilnya, tunggu saja pengumumannya," ujar Mahfud di Kawasan Pancoran Jakarta Selatan, Jumat (1/2/2019). Guru besar Universitas Islam Indonesia (UII) itu menuturkan, ucapan Rocky itu merupakan pendapat pikirannya sendiri serta diambil dari cara pandang ilmiah. Mahfud tak bisa mengambil kesimpulan ucapan mantan pengajar UI itu melanggar hukum atau tidak.

"Mungkin ini akan mengendap sehabis pemilu seperti yang lain," cetus Mahfud. Rocky sendiri hari ini menjalani pemeriksaan perdana. Ia dilaporkan oleh Jack Boyd Lapian terkait ucapannya bahwa ”kitab suci itu fiksi” dalam program Indonesia Lawyers Club  (ILC) yang ditayangkan di TV One.

Jack awalnya melaporkan ke Bareskrim Mabes Polri. Lalu kasusnya dilimpahkan ke Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya. Laporan Jack diterima dengan tanda bukti laporan bernomor LP/512/IV/2018/Bareskrim tertanggal 16 April 2018. Rocky disangkakan melanggar Pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama. Sebelumnya, Jack sudah diperiksa sebagai saksi pelapor terkait kasus ini. (jaa)

Berita Terkait


Baca Juga !.