Headline

Pentingnya Kompetensi Bagi Generasi Bangsa

Redaktur: Ali Rahman
Pentingnya Kompetensi Bagi Generasi Bangsa - Headline

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir (tengah) dan Ketua Yayasan Bina Nusantara Bernard Gunawan (kanan) di kampus Bina Nusantara, Jakarta. Foto: Dok. Bina Nusantara

INDOPOS.CO.ID - Tantangan dan kesempatan mahasiswa di era revolusi 4.0 sangat besar mempengaruhi aspek kehidupan manusia. Karena itu, setiap perguruan tinggi dihadapkan dengan tantangan untuk mendidik dan mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing.

"Karakter, kompetensi, serta keterampilan yang tepat untuk menghadapi revolusi industri ke-4, yang mau dan mampu berkontribusi terhadap pembangunan bangsa dan kesejahteraan masyarakat," ujar Ketua Yayasan Bina Nusantara Bernard Gunawan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (2/2/2019).

Maka perguruan tinggi, dituntut memberdayakan para mahasiswa dan lulusannya untuk mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Selain menciptakan ilmu pengetahuan yang inovatif, adaptif, kompetitif sebagai konsep utama daya saing dan pembangunan bangsa.

"Membangun generasi penerus bangsa yang berprestasi, memiliki inovasi dan kepedulian terhadap sesama. Serta terus meningkatkan kompetensi diri yang merupakan sumbangsih yang dapat diberikan untuk membangun negeri ini," jelasnya.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengtakan, sejalan dengan peningkatan kualitas. Maka perguruan tinggi harus mengikuti perkembangan zaman. Baik itu perguruan tinggi swasta maupun negeri, jika tidak peka dengan perkembangan zaman maka lulusannya tidak akan terpakai.

"Cara meningkatkan kualitasnya pokonya masalah kompetensi. Jadi kalau lulus tidak cukup menerima ijazah, tapi menerima sertifikat kompetensi. Siapa yang mengeluarkan lembaga sertifikasi profesi maka perguruan tinggi menjadi uji komptensi pada mahasiswanya itu," jelas Nasir. (dan)

Berita Terkait

Nasional / Mentan: Alsintan Mendukung Revolusi Industri 4.0

Megapolitan / Jawab Era Revolusi Industri 4.0, Bunda PAUD DKI: Bekali Anak 4 Kompetisi

Nasional / Belajar Mengetik Tak Relevan Lagi


Baca Juga !.