All Sport

Luncurkan Motor untuk MotoGP 2019

Redaktur: Heryanto
Luncurkan Motor untuk MotoGP 2019 - All Sport

Andrea Iannone Foto: WILLIAM WEST/AFP

INDOPOS.CO.ID - Team Suzuki Ecstar meluncurkan motor GSX-RR yang akan dikendarai duo pebalap Spanyol Alex Rins dan Joan Mir di balapan MotoGP musim 2019. Setelah istirahat musim dingin, Suzuki Ecstar akan menuju ke Malaysia untuk menjalani tes pertama (free practice) 2019 dengan membawa versi akhir dan livery motor GSX-RR.

Manajer Tim Suzuki Ecstar Davide Brivio mengatakan, dua musim bersama Suzuki, Alex Rins menjadi pebalap berpengalaman di garasi Suzuki dengan mengantongi 5 podium pada musim 2018. Sementara Joan Mir akan melakoni debutnya di kasta teratas balapan motor tersebut bersama Suzuki.

"Kami akan memulai musim yang menarik. Tahun lalu kami mengejutkan semua orang dengan progres kami dan kembalinya kami ke posisi podium,” ungkap Brivio di laman resmi Suzuki-racing.com, Minggu (3/2/2019).

Brivio menambahkan, “Memiliki Alex Rins bersama kami sangat penting untuk memperbaiki performa tim. Dia memiliki kesegaran mental seorang anak muda, namun juga konsistensi dan pikiran yang bijak dari dua tahun terakhir pengalamannya.”

Seperti diketahui, musim ini akan menjadi kali ketiga Suzuki merekrut pebalap rookie. “Kami akan bekerja keras untuk meneruskan tren positif yang kami miliki dengan membawa pebalap-pebalap muda. Kami percaya dia (Mir) memiliki talenta yang hebat, dan sekarang tergantung tim untuk mengeluarkan potensinya bersama Suzuki GSX-RR,” katanya.

Manajer Teknis Tim Ken Kawauchi mengatakan, motor baru mereka memiliki spesifikasi mesin dan sasis baru. “Kami juga membuat perbaikan di elektronik dan fairing. Ini sesuai dengan filosofi Suzuki, yaitu tidak menghancurkan dan membangun kembali dari nol, namun terus berkembang tahap demi tahap dari apa yang telah kami capai,” ujar Kawauchi.

 Menurut Kawauchi, “Bagi kami kemudahan dikendarai untuk motor adalah keharusan, dan atas dasar itu kami telah memperbaiki area di motor itu tanpa mengganggu keseimbangan motor secara keseluruhan,” katanya.

Sementara itu Alex Rins, yang terlibat dalam pengembangan motor, mengaku sudah tidak sabar untuk menjajal motor baru mereka. “Sejauh yang saya tahu perbaikan yang akan kami uji di Sepang tidak akan drastis tapi lebih ke sedikit perbaikan di banyak area. Kami tahu apa kekurangan motor kami, jadi saya percaya R&D di Jepang akan menghasilkan paket yang akan membantu kami untuk lebih baik lagi," kata Rins.

Sementara Joan Mir menyatakan masih butuh banyak jam terbang menggunakan motor Suzuki. “Ada banyak hal yang harus saya pahami untuk menjadi lebih efektif, tapi saya merasa sangat didukung oleh tim dan saya akan bergantung kepada kekayaan pengalaman mereka untuk menjadi lebih baik,” kata Mir. (ant)

TAGS

Berita Terkait

All Sport / Rossi Catatkan Hasil Buruk di Sesi Latihan GP Spanyol

All Sport / Pedrosa Dijadikan Nama Tikungan di Sirkuit Jerez

All Sport / Lorenzo Dapat Sial, Marquez Malah Tren Sempurna di MotoGP Amerika

All Sport / MotoGP Amerika: Penghormatan Terakhir Buat Nicky Hayden


Baca Juga !.