Nasional

Jokowi di Mata Internasional

Redaktur:
Jokowi di Mata Internasional - Nasional

Ilustrasi Presiden Joko Widodo. Desain Grafis : Dok/JAWA POS

INDOPOS.CO.ID - Kebijakan nasional dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu mengundang perhatian. Sosok itu dikenal bukan hanya di dalam negeri, tapi juga dimata internasional. Inisiator Alumni Kolese Kanisius Dukung Jokowi dalam Pilpres 2019, Handoko mengatakan, sikap, langkah dan kebijakan Jokowi merupakan cermin nyata secara politik.

"Banyak bukti yang menunjukkan Jokowi itu independen dan berdaulat secara politik," ujarnya kepada wartawan di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta, Minggu (3/2/2019).

Di antara bukti tersebut, diungkapkan Handoko, pertama banyak proyek yang selama ini mangkrak. Proyek mangkrak karena banyaknya permainan di dalamnya, sementara pengambil kebijakan tidak bisa berbuat banyak karena tak independen. Namun di tangan Jokowi, justru  dituntaskan dalam waktu singkat.

Bukti kedua, ucap Handoko, terkait dengan kedaulatan di udara. Di era Presiden Jokowi, pesawat asing tak bisa melintas wilayah udara Indonesia secara bebas. Bahkan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu harus menempuh waktu perjalanan dua jam lebih lamanya untuk menghindari wilayah nusantara.

”Karena sikap tegas pemerintah Indonesia, pesawat yang ditumpangi PM Israel Benjamin Netanyahu harus menghindari wilayah udara Indonesia saat hendak berkunjung ke Australia. Sehingga penerbangan memutar dari Singapura ini memakan waktu 2,5 jam lebih lama,” kata Handoko.

Hal lain, kata Handoko lagi, di bawah pemerintahan Presiden Jokowi, Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Ini membuktikan kepercayaan dunia internasional atas pemerintahan Jokowi. Menurutnya, di antara alasan mengapa Alumni Kanisius menyatakan dukungan kepada Joko Widodo. Sebab, Jokowi merupakan anugerah untuk memajukan Indonesia.

”Ketegasan dan kedaulatan Jokowi dihormati dan dikagumi dunia internasional,” ungkap Handoko. (aen)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Menantu Jokowi Pilih Bisnis Daripada Urus PSSI

Daerah / Warga Pamekasan Deklarasi Tolak Kerusuhan

Politik / Fadli Zon Dukung Pembentukan Pansus Kerusuhan Mei

Hukum / 67 Pelaku Kerusuhan 22 Mei Masih Anak-Anak


Baca Juga !.