Daerah

Gempa 6,1 SR Guncang Nias Selatan Tidak Berpotensi Tsunami

Redaktur: Ali Rahman
Gempa 6,1 SR Guncang Nias Selatan Tidak Berpotensi Tsunami - Daerah

Info BMKG

INDOPOS.CO.ID - Gempabumi dengan kekuatan 6,1 SR mengguncang Nias Selatan, Sumatera Utara. Kejadian tersebut terjadi pukul 02:29 WIB, Selasa (5/2/2019). Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, gempa terasa kuat sekitar tiga detik di Kabupaten Nias Selatan.

"Masyarakat panik dan keluar dari rumah masing-masing untuk mencari tempat aman," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (5/2/2019).

Tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Nias Selatan telah memberikan arahan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, sehingga masyarakat perlahan-lahan kembali ke rumah masing-masing. "Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan," terang Sutopo.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault)," tukas Rahmat.

Hasil monitoring BMKG, pukul 03.05 WIB menunjukkan adanya dua kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Pusat gempa berada di kedalaman 11 kilometer pada koordinat 0.46 lintang selatan, 97.98 bujur timur. (dan)

Berita Terkait

Headline / Kenali Ancaman Bencana agar Selamat

Nasional / Selama Empat Bulan Terjadi 1.586 Bencana

Nasional / Selama Empat Bulan Terjadi 1.586 Bencana

Daerah / Imbau Warga Waspada Banjir Susulan

Nusantara / Situasi Masyarakat Sudah Kondusif Pascagempa Banggai

Nasional / Rekonstruksi Pascabencana Sulteng Butuh Rp 36 T


Baca Juga !.