wisata

Melihat Hewan Langka di Taman Nasional Bukit Barisan

Redaktur: Sicilia
Melihat Hewan Langka di Taman Nasional Bukit Barisan - wisata

HABITAT ASLI - Di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan wisatawan bisa bertemu dengan berbagai hewan khas wilayah itu. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Ketenangan dan kesejukan menjadi dua hal yang bisa wisatawan rasakan ketika berada di Bukit Barisan. Wilayah ini dikelilingi pegunungan yang berada di rangkaian Bukit Barisan.

Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) menjadi surga bagi fauna dan flora yang terancam punah. Terbagi dua antara Provinsi Bengkulu dan Lampung, flora dan fauna yang ada masih asli berada di habitat mereka.

Sisi sebelah utara kawasan ini berbatasan dengan Gunung Pulung yang memiliki tinggi 1.964 mdpl. Sementara batas selatannya berada di tanjung ujung Pulau Sumatera. Taman ini terdiri dari hutan gunung, hutan tropis, dataran rendah, hutan pantai, dan hutan mangrove.

Bukit Barisan Selatan merupakan rumah bagi Harimau Sumatera. Setengah populasi Badak Sumatera juga menjadikan taman nasional ini sebagai rumah mereka.

Selain itu, ada Gajah Sumatera juga di tempat itu. Yang tak kalah menariknya, hewan langka Kelinci Belang Sumatera (Sumatera Stripped Rabbit) juga diketahui menempati kawasan itu.

Kepala Bidang Teknis Konservasi TNBBS Ismanto menjelaskan, jumlah Badak Sumatera di TNBBS saat ini, sesuai kesepakatan, berkisar 17-24 ekor. Data ini, papar dia, mengacu beberapa bukti serta jejak kaki satwa dilindungi tersebut.

''Keberadaan Badak Sumatera bisa dilihat dari bukti. Seperti kubangan, jejak tapak kaki dan tangkapan kamera trap di TNBBS yang saat ini jumlahnya 26 unit,'' katanya, Selasa (5/2/2019). 

Selain fauna, taman seluas 356.800 hektar ini juga menjadi habitat bagi bunga endemik Sumatera. Apa lagi kalau bukan Raflesia arnoldi dan dua jenis bunga raksasa yakni Amorphophallus decus-silvae dan amorphophallus titanium.

Di tempat ini juga tumbuh anggrek terbesar di dunia, yakni Grammatophyllum speciosum. Semua keunikan tersebut membuat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan menjadi salah satu kawasan paling penting di dunia.

Bahkan sejak 2004 silam, Bukit Barisan Selatan ditetapkan oleh UNESCO menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia, Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera. (dew)

Berita Terkait

wisata / Puri Tri Agung, Destinasi Wisata Budaya dan Religi

wisata / Indahnya Sunset di Pasir Timbul Meko

wisata / Sensasi Melangkah di Bibir Kawah

wisata / Menara Pakaya, Magnet Baru Gorontalo

wisata / Rencanakan Perjalanan Romantismu ke Sini

wisata / Danau Eksotik di Atas Bukit


Baca Juga !.