Bola Dunia

Perjudian ala Hazard

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Perjudian ala Hazard - Bola Dunia

Eden Hazard. Foto : Glyn Kirk/AFP

INDOPOS.CO.ID - Hampir tidak terhitung pernyataan playmaker Chelsea Eden Hazard yang terang-terangan ingin ke Real Madrid. Itu kembali terulang kemarin ketika wawancaranya kepada radio Prancis RMC yang terjadi dua bulan silam dipublikasikan.

''Saya tahu apa yang harus saya lakukan. Keputusan (hengkang ke Real, Red) sudah dibuat,'' ucap Hazard. Namun, hingga detik ini belum ada deal konkret antara The Blues dan Real mengenai kepindahan pemain 27 tahun itu.

Meski begitu, bukan berarti kepindahan kapten timnas Belgia itu ke Santiago Bernabeu tidak mungkin terjadi. Bahkan, media-media Inggris dan Spanyol mengendus Real sudah deal secara personal dengan Hazard pada akhir tahun lalu. Angka GBP 100 juta (Rp 1,8 triliun) disinyalir jadi mahar Real untuk menebus Hazard.

Itu didukung fakta bahwa relasi dan kerja sama antara para petinggi Chelsea dan Real sangat baik. Terutama sejak Roman Abramovich jadi penguasa The Blues sejak 2003.  Total, ada delapan transfer yang melibatkan kedua tim sejak taipan asal Rusia itu memimpin Chelsea. Bahkan, dalam dua musim terakhir hubungan Chelsea-Real di bursa transfer membaik. Itu dipicu transfer Alvaro Morata (2017) dan Thibaut Courtois-Mateo Kovacic musim ini. Saga transfer Hazard bisa memperpanjangnya.

Dari 8 aktivitas transfer tersebut, total ada 4 pemain Chelsea ke Real. Hanya Michael Essien pada 2012 yang gagal. Sedangkan Arjen Robben (2007) dan Ricardo Carvalho (2010) sukses berujung trofi La Liga dan Copa del Rey. Sedangkan untuk Courtois masih perlu ditunggu akhir musim ini.

Tapi, Hazard juga berjudi dengan keinginannya ke Real. Sebab, bila tolok motivasinya hanya trofi Liga Champions, maka dominasi Real yang 4 kali juara dalam 5 musim terakhir sangat mungkin tidak berlanjut musim depan. Atau paling cepat musim ini.

Selain sudah tidak ada Cristiano Ronaldo, mayoritas usia generasi emas Real sudah menjejak kepala 3. Sebut saja Luka Modric (34 tahun), Sergio Ramos (32 tahun), Keylor Navas (32 tahun), Karim Benzema (31 tahun), dan Marcelo (30 tahun). Gareth Bale dan Toni Kroos yang masih 29 tahun, tahun ini juga jadi 30.

Dan, indikasi bahwa tim yang ber-home base di Stamford Bridge itu sudah tidak lagi mencoba menahan kakak gelandang Borussia Moenchengladbach Thorgan Hazard itu terlihat dari sikap tactician Maurizio Sarri.

Pelatih berkebangsaan Italia itu terang-terangan mengatakan kepada media pada 30 Januari, atau sehari sebelum Chelsea keok 0-4 dari Bournemouth pada matchweek ke-24 Premier League, bahwa dia rela Hazard pergi. Meski, dia juga tidak menampik agar Hazard bertahan.

''Dia punya potensi menjadi pemain terbaik Eropa dan tugas saya adalah menemukan performa terbaiknya,'' ujar Sarri kepada Daily Mail. ''Hazard sudah berusia 28 tahun. Kalau dia ingin pergi, silakan,'' sambung pelatih 60 tahun tersebut.

Terlepas dari perkataan Sarri kepada Hazard mengenai desas-desus ke Real, hubungan keduanya memang tidak terlalu baik. Eks pelatih Napoli itu beberapa kali kedapatan menyerang langsung pemainnya melalui media.

Bagaimana dari pihak klub? Hampir sama dengan Sarri. Chelsea juga masih ingin memperpanjang kontrak Hazard yang habis 2020. Namun, setelah mendengar beberapa kali pernyataan Hazard yang terus terang ingin ke Real, manajemen klub berbasis di London itu memilih pasif sembari menunggu keajaiban atau tawaran resmi Real untuknya. (koc)

Berita Terkait

Bola Dunia / Signor Sarri Sudah Berada di Ujung Karir…

Bola Dunia / Kado Perpisahan Hazard

Bola Dunia / Man.City Cukur Chelsea 6 Gol Tanpa Balas

Bola Dunia / Nasib Maurizio Sarri di The Blues


Baca Juga !.