Nasional

Gelorakan Restorasi Sosial

Redaktur: Nurhayat
Gelorakan Restorasi Sosial - Nasional

TINJAU - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) mengunjungi stan e-warung di Celebes Convetion Center Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/2/2019). Foto : ABRIAWAN ABHE/ANTARA

INDOPOS.CO.ID - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak segenap pilar-pilar sosial untuk menggelorakan restorasi sosial. Yakni upaya mengembalikan atau memulihkan nilai-nilai luhur jati diri/kepribadian bangsa yang kini memudar/melemah.

”Restorasi sosial adalah gerakan restorasi kehidupan rakyat, dari bawah atas prakarsa masyarakat, yang membawa nilai-nilai kebajikan, spritualitas kebangsaan, solidaritas sosial, kearifan budaya lokal, dan etos kerja yang produktif dan disiplin serta gotong royong,” kata Mensos, di Makassar, Rabu (6/2/2019).

Mensos mengingatkan, tak ada bangsa di dunia ini yang tak punya relawan sosial. Bangsa Indonesia terbukti punya pilar sosial hebat. “Bahkan kita sangat bangga karena relawan sosial kita sejak awal sudah terlibat dalam membentuk NKRI dan selanjutnya secara konsisten mengisi kemerdekaan dengan aksi-aksi sosial menjawab persoalan sosial di tengah masyarakat,” kata Mensos.

Mensos menyinggung hal ini, untuk menekankan bahwa jiwa kerelawanan sosial tidak pernah luntur ditelan perubahan zaman. Pada hakekatnya dalam diri jiwa bangsa Indonesia telah tertanam nilai kerelawanan, kesetiakawanan sosial. “Tinggal kita berkreatifitas mengoptimalkan dan mengimplementasikannya sesuai dengan situasi dan tuntutan zaman,” kata Mensos.

Di era keterbukaan ini, kita harus cekatan membangun jejaring kerja, bertukar informasi untuk membangun aliansi dalam menangani masalah sosial. ”Aliansi antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan pemangku kepentingan lain,” katanya.

Mensos berharap, kemitraan dan kerja sama dengan pilar sosial dapat diperluas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ”Pengabdian pilar sosial kepada masyarakat, konsistensinya dalam mewujudkan kemandirian, maka sesungguhnya pilar sosial adalah agent of community sebagai mitra pemerintah mewujudkan kemandirian dan pembangunan,” kata Mensos.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin menyatakan, kontribusi sangat menonjol dari pilar sosial sebagai mitra Pemerintah adalah sebagai ujung tombak penanganan masalah sosial terutama pada situasi darurat seperti peristiwa bencana, pasti yang terdepan dan pertama kali berada di lokasi adalah para pilar sosial. (ant)

Berita Terkait

Megapolitan / Bentengi Tsunami dengan Ribuan Pohon

Daerah / Karang Taruna Harus Siap Hadapi Era Industri 4.0

Nasional / Mensos Senang 96 Persen Masyarakat Puas Program BPNT

Daerah / Jokowi Bagikan Bansos PKH di Garut

Nasional / Presiden Jokowi Pantau Penyaluran PKH

Nasional / Data Korban Menunggu Pemda


Baca Juga !.