Hukum

Penegak Hukum Belum Fokus terhadap Kasus Pencucian Uang

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Penegak Hukum Belum Fokus terhadap Kasus Pencucian Uang - Hukum

KRITIS- Staf Divisi ICW Wana Alamsyah, saat konferensi pers, Jakarta, Kamis (7/2/2019). Foto: Syamsiah/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Staf Divisi Investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW) Wana Alamsyah  mengatakan penegak hukum belum terlalu fokus kepada kasus pidana pencucian uang.

Pada 2018 penegak hukum hanya mengenakan pidana pencucian uang terhadap tujuh kasus dari 454 kasus. Dari total tersebut, 1 diantaranya ditangani oleh Kejaksaan, dan enam lainnya oleh KPK.

"Kami melihat penegak hukum masih belum terlalu fokus soal kasus penanganan pencucian uang, karena target mereka adalah bagaimana setiap orang akan dikenakan hukuman pidana, setelah pidana dilakukan masih ada saja korupsi-korupsi dan itu bukan menyelesaikan persoalan malah menambah persoalan," ujar Staf Divisi ICW Wana Alamsyah, saat konferensi pers, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Ia juga mengatakan sampai saat ini belum menemukan gambaran secara mendalam mengapa kasus pencucian uang tidak dilakukan. "Jangan-jangan penegak hukum sulit dalam konteks pembuktian, tapi setidaknya upaya tersebut coba terus dilakukan, jangan sampai empat tahun kemudian pidananya itu bebas merenggang," ucap Wana. (yah)

Berita Terkait


Baca Juga !.