Bola Dunia

Bukti Pasukan Pep Punya Banyak Enerji

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Bukti Pasukan Pep Punya Banyak Enerji - Bola Dunia

Gabriel Jesus. Foto : Paul Ellis/AFP

INDOPOS.CO.ID - Perebutan mahkota juara kompetisi domestik yang berlangsung kurang lebih sepuluh bulan sering diibaratkan sebagai sebuah perlombaan marathon. Panjangnya jarak tempuh menuntut pelakunya berstrategi dengan baik.

Pep Guardiola dan Manchester City membuktikan kalau mereka punya energi lebih banyak dan performa stabil ketimbang Liverpool. Setidaknya berkaca hasil matchweek 26, Kamis (7/2/2019) di Goodison Park, City kembali naik ke posisi teratas Premier League berkat kemenangan 2-0 atas Everton.

City dan Liverpool sampai kemarin mengumpulkan poin yang sama (62 poin). Namun karena agregat gol memasukkan-kemasukan The Citizens lebih bagus maka David Silva dkk berhak bertengger di posisi yang lebih bagus.

Guardiola kepada BBC setelah pertandingan mengatakan dengan 12 matchweek tersisa yang dimilikinya pantang untuk kehilangan poin. Kini tekanan lebih besar dihadapi oleh The Reds buat mengejar mereka. “Memang kami saat ini punya satu pertandingan lebih banyak ketimbang mereka (Liverpool, red.). Dan inilah hasil terbaik yang bisa kami lakukan saat ini,” tutur pelatih 47 tahun tersebut. Dua gol City ke gawang Everton dihasilkan Aymeric Laporte pada menit 45+2 dan Gabriel Jesus (90+7').

Guardiola berkata titik balik timnya musim ini terjadi ketika menang 2-1 atas Liverpool pada matchweek 21 di Etihad Stadium (4/1/2019). Sebelum duel itu, timnya berjarak tujuh poin (47-54) di belakang dengan The Reds.

“Seandainya kalah maka kami berjarak sepuluh poin dengan Liverpool. Tujuh hari lalu (matchweek 24) Liverpool unggul lima poin dan hari ini (kemarin, red.) kami di atas mereka,” kata Guardiola. “Jangan pernah menyerah, itulah pesan yang ingin kami sampaikan buat semua atlet,” tambah pelatih yang memberikan 14 trofi dalam empat musimnya di Barcelona itu.

Manchester Evening News mengkalkulasi dalam lima pertandingan terakhir Liverpool dan City, anak asuh Juergen Klopp membuang lebih banyak angka. Dalam lima laga terakhir, dari kemungkinan poin maksimal 15, maka City meraup 12 poin. Yakni hasil empat kali menang dan sekali kalah.

Bandingkan dengan Liverpool yang hanya mendapatkan delapan angka dalam lima laga terakhir. Artinya Liverpool membuang tujuh poin. Rinciannya dua kali menang, dua kali seri, dan sekali kalah.

Eks pelatih Barca dan Bayern Muenchen itu menambahkan pekan tegangnya bulan ini ada pada Minggu (10/2/2019) mendatang. Dimana City akan menjamu Chelsea (10/2/2019). Pada pertemuan pertama keduanya di matchweek 16 (8/12/2018) yang berlangsung di Stamford Bridge, City kalah 0-2 oleh The Blues.

“Kalau kami bisa mengambil poin secara utuh di akhir pekan ini bisa dikatakan hal itu menjadi langkah besar buat perjalanan tim kami musim ini. Lawan kami akhir pekan ini sangat serius karena mereka menambah pemaind di bursa transfer lalu,” ujar Guardiola.

Pelatih asal Santpedor Spanyol itu berkata belajar banyak dari para manajer besar dalam mengatur distribusi tenaga pemainnya. Guardiola menyebut nama Rafael Benitez dan Sir Alex Ferguson sebagai patronnya.

“Keduanya (Benitez dan Sir Alex, red.) sering saya dengar betapa padatnya jadwal kompetisi Desember-Februari. Dan ketika kini saya mengalaminya saya banyak mendengarkan dari mereka bagaimana belajar mengatasi jadwal yang padat ini,” ucap Guardiola.

Sementara itu, manajer Everton Marco Silva kepada Liverpool Echo berkata diirnya sudah melakukan perubahan untuk bisa meraih tiga poin. Salah satunya melakukan perombakan lima nama pemain dibandingkan saat kalah 1-3 lawan Wolverhampton Wanderers (2/2/2019) lalu. “Ada hal positif yang didapatkan pada pertandingan ini namun lagi-lagi kami gagal mengambil poin. Percayalah mereka (City, red.) mencuri gol di saat kami lengah di tiap akhir babak,” terang Silva. (koc)

Berita Terkait

Bola Dunia / Pep Tunjukkan Kelasnya


Baca Juga !.