All Sport

Penampilan Marquez Bikin Sembuh, Tapi Sesaat

Redaktur: Heryanto
Penampilan Marquez Bikin Sembuh, Tapi Sesaat - All Sport

Pembalap Spanyol Repsol Honda Team Marc Marquez menggeber motor ditikungan pada hari kedua pengujian pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 7 Februari 2019. Foto : Mohd Rasfan/AFP

INDOPOS.CO.ID - Penampilan yang gemilang ditunjukkan pembalap Tim Repsol Honda Marc Marquez di hari pertama tes pramusim MotoGP 2019. Melihat penampilan Marquez, pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso mengaku takjub.

Pasalnya, Marquez sendiri baru saja menjalani operasi karena didera cedera pada bahu kiri. Di tes hari pertama, Marquez memang tampil menakjubkan. Ia mencacatkan waktu terbaik, 1 menit 59,621 detik. Catatan waktu ini tentu saja tak disangka oleh banyak pihak.

Sebab, kondisi The Baby Alien, julukan Marquez, belum sepenuhnya pulih setelah menjalani operasi. Kondisinya diperkirakan baru akan pulih 100 persen dalam beberapa bulan ke depan. Dengan situasi ini, berbagai pihak tentu saja tak memasang ekspektasi tinggi dari penampilan Marquez di tes pramusim.

Tapi sempat mengejutkan, pembalap asal Spanyol itu tampil cemerlang di sepanjang sesi. Menurut Dovizioso, hasil pada tes ini benar-benar menunjukkan sejauh mana kekuatan Marquez. Meski membahayakan untuk memperebutkan gelar juara musim ini, pembalap asal Italia itu tetap tak khawatir.

Sebab baginya, hal terpenting adalah hasil saat melakoni balapan sesungguhnya yang akan mulai digelar di Sirkuit Losail, Qatar, awal Maret 2019.

“Melihat catatan waktunya Marc Marquez, dalam suasana hati yang baik hari ini. Kami semua tahu Marc adalah binatang. Dia sangat kuat, jadi kami harus menunggu dan melihat bagaimana kondisinya saat seri pertama digelar,” puji Dovizioso, dilansir Speedweek, Kamis (7/2/2019).

Namun pil pahit harus ditelan Marquez saat melakoni tes pramusim MotoGP 2018 hari kedua di Sirkuit Sepang, Malaysia, sejak Kamis pagi (7/2/2019) WIB. Marquez tak mampu mengikuti semua sesi pada tes kali ini lantaran cedera yang dideritanya kembali terasa sakit.

Sebelum melakoni tes pramusim, Marquez memang baru saja menjalani operasi pada bahu kirinya lantaran didera cedera. Kondisi pembalap asal Spanyol itu pun kini belum benar-benar pulih setelah menjalani operasi pada Desember 2018. Proses pemulihannya diperkirakan akan memakan waktu selama lima hingga enam bulan.

Meski belum benar-benar pulih, Marquez tetap memaksa untuk mentas di tes pramusim MotoGP Malaysia 2019. Ia kembali mengalami masalah pada bagian bahunya sehingga tak bisa tampil dengan optimal. Marquez pun akhirnya memutuskan untuk berhenti dan hanya melahap 37 lap.

Marquez pun memastikan akan kembali mentas pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2019 yang berlangsung, hari ini Jumat (8/2/2019). Meski bakal tampil, The Baby Alien julukan Marquez tak mau terlalu memaksa.

“Saya lebih suka membicarakan hal lain. Tapi, saya benar-benar memulai hari ini dengan baik. Saya merasa lebih baik dari kemarin. Tetapi, di putaran kedua, saya merasa kekuatan di bahu mulai menurun. Kekuatannya mereda, tetapi rasa sakitnya menjadi lebih kuat. Kemudian, saya memutuskan untuk berhenti lebih awal dari yang direncanakan,” ujar Marquez, dilansir Speedweek,

“Kami pun fokus pada mencoba beberapa hal untuk Honda. Sekarang, kami harus menunggu Jumat (hari ini) untuk melihat berapa banyak putaran yang bisa saya lakukan. Tetapi, saya harus mendengarkan tubuh saya. Tubuh saya berkata hari ini, 'Stop!' Jadi, kami berhenti,” tutupnya.

Pembalap anyar Tim Mission Winnow Ducati Danilo Petrucci mengakui tes pramusim MotoGP 2019 yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, memiliki arti yang begitu penting. Bukan hanya sebagai ajang untuk menguji coba kendaraan anyar mereka, pada tes ini, Ducati memiliki tujuan lain yang tak kalah penting.

Petrucci mengatakan hasil pada tes ini akan menjadi modal penting bagi dirinya dan rekan-rekannya di Ducati untuk mentas di MotoGP Malaysia 2019. Pasalnya, pada musim lalu, hasil minor diraih seluruh pembalap Ducati, baik tim satelit ataupun pabrikan, saat mentas di Sirkuit Sepang. (net/okc/snc)

 

Berita Terkait

Indotainment / Antusias, Marquez Belajar Main Angklung

All Sport / Vinales Minta Perbaiki Dua Hal dari YZR-M1

All Sport / Zarco Rasakan RC16 Banyak Kekurangan

All Sport / MotoGP 2019 Uji Pertama di Sepang

All Sport / Marquez Diperkirakan akan Uji Pertama di Sepang

Moto GP / Twitt Duka Bencana Tsunami


Baca Juga !.