Kesra

UAI Terus Bangun Ekosistem Kreatif

Redaktur: Ahmad Nugraha
UAI Terus Bangun Ekosistem Kreatif - Kesra

ORASI ILMIAH – Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Asep Saefuddin saat menyampaikan pesan-pesannya kepada wisudawan/i, Sabtu (2/2/2019). Foto: Humas Universitas Al Azhar Indonesia

INDOPOS.CO.ID - Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) menggelar wisuda ke-20, tahun akademik 2019/2020 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Sabtu, (2/2/2019). Dalam acara itu sebanyak 298 mahasiswa dari berbagai fakultas telah diwisuda, diantaranya 53 mahasiswa mendapatkan gelar cumlaude.

"Birokrasi perusahaan besar banyak terdisrupsi oleh perusahaan kecil tetapi lincah. Maka itu, UAI akan terus membangun ekosistem pendidikan tidak saja mengajar what to learn, tetapi justru how to learn dengan pendekatan-pendekatan kreatif," ujar Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Asep Saefuddin.

Pada kesempatan ini, UAI juga menggelar Alumni Award 2019. Penghargaan diberikan kepada beberapa alumni berprestasi yang mewakili di masing-masing fakultas yang terdapat di UAI.

Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan UAI kepada para Alumni UAI atas dedikasi, pencapaian, dan kontribusi bagi masyarakat.

"Penghargaan ini juga kami maksudkan untuk menginspirasi para wisudawan dan wisudawati untuk berprestasi dan menghasilkan karya yang berguna bagi masyarakat," jelas Asep Saefuddin.

Selain itu, lembaganya aktif melaksanakan pembinaan program kemahasiswaan terpadu dan terarah, seperti mengikuti KKN Tematik Merajut Nusantara bersama-sama dengan mahasiswa dari Malaysia, dan KKN Citarum yang digagas Kemenristekdikti.

Seperti tahun sebelumnya, UAI akan memperbanyak pengiriman mahasiswa ke berbagai negara dalam kemasan Student Mobility Program. Mahasiswa terbiasa dengan analisis big data, mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa asing setidaknya Bahasa Inggris.

"Untuk itulah di UAI telah diterapkan Tuesday is English Day. Bagi mahasiswa program studi sastra ditambah lagi dengan Friday is Arabic Day, Mandarin Day, dan Japanese Day. Untuk program kerjasama luar negeri akan terus diutamakan demi kepentingan pembelajaran, seperti riset para dosen dan mahasiswa," terangnya.

Para lulusan itu diharapkan dapat memetik pelajaran dari alumni terdahulu yang masih tekun dengan kiprahnya masing-masing. "Sebagian mereka melanjutkan studi S2 di Dalam dan Luar Negeri, menjadi entrepreneur, atau sebagai profesional di sektor swasta. Sebab itu setiap lulusan UAI menjadi bagian integral dari sivitas akademika dalam membesarkan universitas yang kita cintai," tukasnya

Di wisuda ke-20 ini, mahasiswi Fakultas Hukum, Program Studi Hukum Angkatan 2014, Nuraemy Firdaus, terpilih sebagai wisudawan terbaik se-Universitas. Ia memperoleh IPK 3,87 sehingga lulus dengan predikat cumlaude.

Semasa kuliah, Nuraemy aktif mengikuti berbagai organisasi dan paper competition antara lain sebagai Vice President of Al Azhar Youth Leader Institute yang merupakan organisasi kepemudaan di bawah bimbingan Masjid Agung Al Azhar.

"Nuraemy juga mendapatkan Best Paper of Social Project’s Paper Presentation, AFSEC – International Student Leaders Exchange Bangkok, Thailand. Serta Publishing International Journal, Glogal Research Development Service di Nanyang Technological University, Singapore," jelas Asep Saefuddin. (dan/srv)

 

Berita Terkait

Megapolitan / Loh, Matematika Masih Dianggap Sulit

Megapolitan / Usai Ujian Dilarang Nongkrong di Jalan

Megapolitan / Tak Jujur di UNBK, Siswa Terancam Sanksi Tegas

Nasional / Perbedaan Pandangan soal Poligami Harus Dihargai


Baca Juga !.