All Sport

Kans BMX dan Trex ke Olimpiade Tokyo Terbuka

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Kans BMX dan Trex ke Olimpiade Tokyo Terbuka - All Sport

Cabor BMX. foto : IST

INDOPOS.CO.ID - Pengurus Besar Ikatan Sports Sepeda Indonesia (PB ISSI) mengatakan tiga disiplin, yaitu trek, jalan raya, dan BMX memiliki kans lolos Olimpiade 2020 Tokyo. 

Manajer Timnas Balap Sepeda Indonesia Budi Saputra mengatakan, ambisi tersebut bisa tergenapi, apabila atlet Merah Putih aktif mengikuti sejumlah turnamen perburuan poin Olimpiade. Jika tidak, jangan menyesal apabila kesempatan itu justru diambil negara lain.

"Rivalitasnya sangat sengit untuk balap sepeda karena pembaharuan datanya sangat cepat setiap ada agenda," kata Budi awak media, kemarin. 

Untuk disiplin trek, kata Budi, Indonesia memiliki beberapa atlet yang diproyeksikan tampil di Tokyo. Dua di antara mereka bahkan mendapat tiket tampil di Kejuaraan Dunia Trek 2019 di Polandia, 27 Februari - 3 Maret.

Mereka adalah Crismonita Dwi Putri dan Terry Yudha Kusuma. Keduanya memastikan slot tersebut usai tampil memuaskan di Kejuaraan Trek Asia (ATC) 2019 di Jakarta, Januari lalu. Saat itu, Crismonita finis di urutan tiga nomor 500 meter. Sementara Terry di nomor 1.000 m putra.

Kendati berhak tampil di Kejuaraan Trek Dunia, Budi mengatakan, PB ISSI tak mematok target berlebih kepada Crismonita dan Terry. Mereka berdua hanya diminta memberikan penampilan maksimal guna menambah jam terbang. 

Pasalnya, durasi tur perburuan poin Olimpiade masih panjang, baru berakhir pada Februari 2020.

"Ini harus dimanfaatkan. Setelah ini, mereka juga harus aktif mengikuti seri turnamen perburuan poin karena persaingannya sangat ketat," ujar Budi.

Selain Crismonita dan Terry, Indonesia juga akan kedatangan satu amunisi tambahan. Adalah Elga Kharisma Novanda yang diprediksi baru bisa comeback ke lintasan pada April. Sebagai informasi, Elga dipaksa menepi karena harus naik meja operasi.

"Meski begitu, Elga sepertinya sudah tidak bisa turun lagi di BMX. Paling memungkinkan ia hanya di nomor trek. Rencananya ia akan tampil di turnamen kelas 1 di Taiwan pada April," terangnya. (bam)

 

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

All Sport / Tiga Nomor Balap Sepeda Dapat Tiket Kualifikasi Olimpiade

All Sport / ISSI: Percayakan Atlet Muda ke SEA Games

All Sport / PB ISSI Mendukung Atlet Muda ke SEA Games

All Sport / Kelola Velodrome, Jakpro Gandeng PB ISSI 

Total Sport / Keren, Atlet Sepeda Indonesia Terlindungi Otomatis


Baca Juga !.