Internasional

Kebakaran Terburuk 50 Tahun Terakhir, Selandia Baru Dalam Situasi Darurat

Redaktur: Jakfar Shodik
Kebakaran Terburuk 50 Tahun Terakhir, Selandia Baru Dalam Situasi Darurat - Internasional

INDOPOS.CO.ID – Kebakaran hutan di sebuah kota Selandia Baru meluas. Sejak enam hari lalu, kebakaran di dekat Kota Nelson tersebut, kini mendekati Kota Wakefield. Pemerintah setempat mengumumkan keadaan darurat dan 3 ribu orang telah mengungsi.

Evakuasi korban dilakukan setelah para pemadam berjibaku melawan jilatan api. Maklum, tiupan angin kencang membuat si jago merah makin ganas. Para pejabat telah memperingatkan hari minggu akan menjadi titik berbahaya paling kritis bagi kebakaran. ”Cuaca semakin membaik,” tegas Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern sebagaimana dilansir BBC, Minggu (10/2/2019).

Kebakaran itu dianggap sebagai kebakaran hutan terburuk di Selandia Baru sejak 1955. Nelson MP, Nick Smith, mengatakan seluruh wilayah itu mudah terbakar dan 70 ribu penduduk terpojok. Menurut laporan BBC, 23 helikopter dan dua pesawat telah dikerahkan untuk mengatasi kobaran api. Curah hujan wilayah itu diperkirakan akan melewati zona kebakarn pada hari selasa.

Api sebesar itu sangat tidak biasa untuk Selandia Baru dan media lokal menyebutnya sebagai kebakaran hutan terburuk dalam 50 tahun terakhir. (fay/bbc)

Berita Terkait

Megapolitan / Kebakaran Hotel Sheraton, Satu Korban Tewas

Megapolitan / Gudang di Cakung Terbakar

Ekonomi / Pabrik Kacang Garuda Hangus Terbakar


Baca Juga !.