Nasional

Penumpang Bandara Minangkabau Terus Merosot, Efek Domino Lonjakan Harga Tiket

Redaktur: Jakfar Shodik
Penumpang Bandara Minangkabau Terus Merosot, Efek Domino Lonjakan Harga Tiket - Nasional

MEMBELUDAK - Suasana terminal I Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soeta) menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2018 dipadati penumpang, Kamis (21/12). Foto : Toni Suhartono/Indopos

INDOPOS.CO.ID - Jumlah penumpang Bandara Minangkabau terus merosot. Paling tidak, lalu lintas penumpang defisit 2.000 per hari. Itu terjadi menyusul tiket penerbangan sejak akhir 2018 melangit.

General Manager Bandara Minangkabau Dwi Ananda mengatakan penurunan jumlah penerbangan dan jumlah penumpang terjadi sejak Desember 2018. Untuk jumlah penumpang anjlok hingga 30 persen. ”Efeknya, pendapatan tergunting 40 persen,” tutur Dwi di Padang, Sumatera Barat, Minggu (10/2/2019).

Dwi menambahkan, penurunan penumpang bukan akibat lonjakan harga tiket pesawat. ”Pasti ada traffic (pergerakan) dan tarif. Traffic turun tarif juga tidak naik,” imbuhDwi.

Dwi melanjutkan akibat penurunan penumpang juga berdampak pada penurunan pembeli dari gerai di Bandara Minangkabau. Untuk itu, pihaknya melakukan strategi lain, yaitu mengoptimalkan anak usaha.

Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara menyebut sudah menurunkan harga tiket 70 persen. ”Selected rute langsung 70 persen bukan up to, langsung 70 persen, enggak ada lagi 10-20 persen untuk di low season ini,” ucap Ari.

Namun, Ia menegaskan penurunan 70 persen hanya di musim sepi (low season). ”Pada high season sudah pasti enggak ada, semua pasti naik,” imbuhnya.

Ia meminta situs pembelian tiket untuk mencantumkan harga sebelum dan sesuah diskon. Itu penting supaya masyarakat mengetahui harga sudah diturunkan. ”Kami memperlihatkan harga normal berapa, harga diskon berapa, biasanya harga hotel ada harga coret, sekarang di online travel ada harga coret, jadi tahu normal. Diskon berapa sudah diturunkan untuk domestik dan internasional,” tegas Ari. (ant)

Berita Terkait

Nasional / Desak Investigasi Kenaikan Tarif Pesawat

Ekonomi / Bagasi Berbayar Tidak Salahi Aturan

Ekonomi / Mediasi Tarif Kargo Alot

Ekonomi / Citilink Tunda Pemberlakuan Bagasi Berbayar

Nasional / DPR Sebut Pemerintah Tak Sensitif soal Bagasi Berbayar


Baca Juga !.