Trump akan Bahas Pertemuannya dengan -Kim Jong Un

INDOPOS.CO.ID – Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam waktu dekat akan berkonsultasi dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal pertemuan kedua antara Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kata kantor kepresidenan Korsel, Minggu (10/2/2019).

Kim Eui-keum, juru bicara Gedung Biru –kantor kepresidenan Korsel– mengatakan dalam acara jumpa pers bahwa pemimpin Korea Selatan dan Amerika Serikat akan melakukan pembahasan soal pertemuan puncak kedua itu dalam waktu dekat.

Ia mengatakan jadwal pasti pertemuan Moon-Trump akan diumumkan segera setelah persiapan selesai. Pembicaraan Moon dengan Trump akan dilakukan setelah Kim Jong Un dan Trump setuju untuk bertemu lagi akhir bulan ini di Hanoi, Vietnam. Kim dan Trump melakukan pertemuan puncak pertama kalinya di Singapura pada Juni tahun lalu.

Stephen Biegun, utusan khusus AS urusan Korea Utara, berkunjung ke Pyongyang awal pekan ini untuk berkonsultasi dengan mitra-mitranya dari Korut soal rencana pertemuan kedua Kim-Trump.

Jubir Gedung Biru itu mengatakan ia mendengar bahwa Pyongyang dan Washington sudah setuju untuk melanjutkan perundingan di sebuah negara ketiga di Asia mulai 17 Februari.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan melakukan pembicaraan dalam waktu dekat. Sementara itu, penasihat utama Gedung Biru urusan keamanan nasional Chung Eui-yong, akan bertukar informasi dengan Penasihat Nasional Gedung Putih John Bolton, kata jubir tersebut.(ant)

Komentar telah ditutup.