Ekonomi

Tiket Naik Pukul Industri Pariwisata dan Hotel

Redaktur: Jakfar Shodik
Tiket Naik Pukul Industri Pariwisata dan Hotel - Ekonomi

Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi BS Sukamdani, dan Menteri Pariwisata, Arief Yahya membahas bagaimana meningkatkan industri pariwisata. Foto Deri Ahirianto/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kenaikan tarif pesawat dan penerapan bagasi berbayar memukul industri pariwisata, industri hotel, dan restoran. ”Lonjakan tarif pesawat mempengaruhi wisata. Ada penurunan wisata nusantara,” tutur Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya usai membuka Rakernas IV Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) 2019 di Grand Sahid Jaya Hotel, di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Menurut Arief, pihaknya sudah melakukan dialog informal dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membahas kondisi itu dan mengirimkan tim ke Kemenhub. ”Intinya, kalau ada kenaikan ada penurunan. Kenaikan tarif ini drastis. Ini tidak hanya mempengaruhi airline Industri pariwisata. Industri lain ada yang terdampak langsug dan tidak langsung,” imbuh Arief.

Lebih lanjut dia mengatakan, kalau menaikan tarif tidak boleh mendadak dengan tingkat kenaikan secara drastis. ”Kalau harga tiket turun tidak apa,” jelasnya.

Arief menambahkan tingkat hunian hotel juga turun 30 persen. Misalnya, di Lombok. ”Dampak tiket mahal, beberapa provinsi dari 60 persen ke 30 persen. Cuman itu biasanya  nanti akan normal lagi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PHRI Hariyadi BS Sukamdani membenarkan penurunan hunian hotel. Yakni akibat kenaikan tarif pesawat dan bagasi berbayar. ”Terus terang kami merasa terpukul dengan kenaikan tiket pesawat. Benar kata pak menteri, hotel 20-40 persen tingkat huniannya saat ini turun,” ucapnya. (dai)

Berita Terkait

Nasional / Industri Kelapa Sawit Harus Terus Tingkatkan Daya Saing

Nasional / Jokowi Kembangkan Motor Listrik

Ekonomi / Masuk 10 Besar Ekonomi Dunia

Jakarta Raya / Dorong Perizinan Bagi IKM

Ekonomi / Andalkan Mesin Taiwan


Baca Juga !.