Internasional

Terguling, Serahkan SIM

Redaktur: Juni Armanto
Terguling, Serahkan SIM - Internasional

Pangeran Philip (kanan)

INDOPOS.CO.ID – Pangeran Philip mengalami kecelakaan mobil di dekat kediaman keluarga kerjaaan, Sandringham, bagian timur Inggris pada 17 Januari lalu. Mobil Land Rover yang dikendarainya terguling. Satu unit mobil lainnya dengan tiga penumpang di dalamnya juga menjadi korban dalam kecelakaan tersebut.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pria yang dijuluki ‘The Duke of Edinburgh’ ini menyerahkan surat izin mengemudi (SIM)-nya kepada otoritas di Inggris, Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA). Pria 97 tahun itu menyerahkan SIM-nya dengan sukarela. ”Setelah mempertimbangkan dengan seksama, The Duke of Edinburgh (Pangeran Philip, Red) telah mengambil keputusan untuk secara sukarela menyerahkan SIM-nya,” tulis pengumuman Istana Inggris dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (9/2/2019) lalu.

Kepolisian Norfolk membenarkan bahwa Philip secara sukarela menyerahkan SIM-nya. Hasil investigasi atas tabrakan juga telah diserahkan ke Layanan Penuntutan Mahkota.

”Kami menyadari kepentingan publik dalam kasus ini. Tapi seperti penyelidikan lainnya, tidak pantas untuk berspekulasi tentang penyebab tabrakan sampai penyelidikan dilakukan,” kata pernyataan Kepolisian Norfolk.

Dua orang menjadi korban kecelakaan tersebut. Emma Fairweather, 46, menderita patah pergelangan tangan. Sedangkan, rekan Emma, perempuan berusia 28 tahun luka-luka di bagian lututnya. Beruntung, bayi laki-laki berusia sembilan bulan yang juga berada di dalam mobil Emma tidak mengalami luka.

Menurut saksi mata, usai kecelakaan, Philip harus ditarik dari dalam mobil ke jalan. Di usianya yang nyaris satu abad, Philip mengalami gangguan pada matanya karena kecelakaan itu. Dua hari setelah tabrakan, dia juga menerima peringatan dari polisi karena mengemudi tanpa menggunakan seatbelt alias sabuk pengaman.

Di Inggris, tak ada batasan umur untuk mengemudi. Tetapi pengemudi yang sudah berusia di atas 70 tahun harus memperbarui SIM tiap tiga tahun. Koresponden kerajaan dari ’Sky News’, Rhiannon Mills mengatakan, keputusan itu sepertinya merupakan keputusan yang sulit bagi sang pangeran. ”Sejak dia mundur dari tugas publiknya pada 2017, kami memahami bahwa ia telah menikmati masa pensiun yang tenang,” ucapnya.

Philip tak lagi menjalani kehidupan publik pada 2017. Tapi dia sesekali tampak berjalan-jalan dengan Ratu Elizabeth yang berusia 92 tahun di sekitar Sandringham. Selain itu juga beberapa acara resmi kerajaan.

Pada 2016 lalu, Philip juga pernah ditangkap mengendarai sebuah mobil. Bahkan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan istrinya Michele menjadi penumpang dari mobil yang dikendarai suami dari orang nomor satu di Inggris tersebut.

Obama mengaku beruntung dapat menjadi penumpang dari seorang Duke of Edinburgh. ”Saya harus katakan saya tak pernah naik mobil dengan sopir seorang Duke of Edinburgh. Tapi saya dapat laporkan perjalanan sangat mulus,” ucap Obama kala itu.

Ratu Elizabeth juga pernah mengemudi mobil sembari membawa para penguasa dunia lainnya. Pada 1998, sang pemimpin Kerajaan Inggris itu berada di balik kemudi sembari memperlihatkan kawasan Istana Buckingham kepada Raja Abdullah dari Arab Saudi. (ant/skynews/usatoday)

 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.