Internasional

Diduga Culik Mahasiswi, Detektif Inggris Ciduk Tukang Daging

Redaktur: Jakfar Shodik
Diduga Culik Mahasiswi, Detektif Inggris Ciduk Tukang Daging - Internasional

INDOPOS.CO.ID - Pawel Relowicz, 24 ditangkap kepolisian Inggris. Pria asal Polandia itu diciduk aparat atas dugaan penculikan seorang mahasiswa, Libby Squire 21. Anehnya, Relowicz dituduh melakukan voyeurisme, pencurian, dan tindak asusila.

Libby sebetulnya keluar malam ketika menghilang di dekat rumahnya di Hull, Yorkshire Timur, sepuluh hari lalu. ”Pawel Relowicz didakwa melakukan voyeurisme, melanggar kesusilaan publik, dan melakukan tiga kasus pencurian,” tutur Detektif Pengawas Matt Hutchinson.

Pelanggaran kesusilaan publik dilaporkan telah terjadi pada 19 Januari 2019 dan pelanggaran voyeurisme dilaporkan pada 26 Desember 2018 di Hull, East Yorks. Tiga pencurian itu dilaporkan antara Desember 2017 dan Januari 2019. Sejak penangkapannya pada Rabu, petugas telah mencari di rumah sewaan yang ditinggali sopir taksi paruh waktu dengan istri dan dua anaknya untuk menemukan petunjuk tentang hilangnya Libby. Rumah itu berjarak setengah mil dari bangku tempat Libby terakhir terlihat duduk dalam keadaan mabuk tidak lama sebelum tengah malam pada 31 Januari.

Ibu Pawel, Marzena Relowicz, kaget mengetahui putranya dituduh melakukan pencurian dan ketidaksenonohan publik. ”Saya hanya terdiam,” ucap perempuan 52 tahun itu.  Sebelumnya, Nyonya Relowicz, berbicara di rumah keluarga di desa Warszewice, Polandia harus minum obat karena tertekan. Nyonya Relowicz bersikeras putranya tidak mungkin terlibat dengan kasus menghilangnya Libby.

Pawel Relowicz beremigrasi dari desa Warszewice di Polandia Utara ke Inggris lima tahun lalu dan bekerja di pabrik daging di Malton, Yorkshire Utara. Nyonya Relowicz terisak kalau putranya bukanlah seorang pembunuh. Anaknya, hanya membawa seorang gadis yang menangis di mobilnya dan menawarinya tumpangan pulang pada malam saat mahasiswa itu lenyap.

Tadi malam, polisi tengah memeriksi rekaman CCTV. Film buram dari kamera di dekat area tempat Miss Squire terakhir terlihat menunjukkan seorang pria merokok di samping sebuah mobil. Kemudian sosok lain membuka pintu penumpang dan seseorang atau sesuatu dimasukkan ke dalam. Perokok itu kemudian masuk dalam mobil dan pergi.

Sebelumnya, ibu Libby, Lisa, terlihat memeluk seorang petugas polisi setelah kebaktian di kota asal mereka untuk menandai hari kesepuluh sejak puterinya menghilang. Dia didampingi Russ suaminya, di vigil di Hull Community Church.

Sementara itu, para detektif menggunakan kamera infra merah untuk menyisir daerah dekat rumah Libby dan mencari selokan di luar rumah Relowicz. Polisi memindahkan komputer dari rumah Relowicz. Pintu depan dan belakang rumahnya disegel dengan lembaran logam. Pada pukul 23.00 waktu setempat, Libby menolak masuk Welly Club dan masuk dalam taksi. Selanjutnya, sekitar pukul 23.30 malam, Libby turun dari taksi tetapi tidak masuk rumah. Kemudian pada pukul 11.45 siang, Libby terakhir terlihat duduk di sudut bangku di Jalan Beverley.

Detektif berpikir Libby berdiam di area itu selama sekitar setengah jam dan berkeliaran di jalanan dekat penggalian muridnya. Pada pukul 00.30, seorang tetangga mengatakan dibangunkan teriakan mengerikan. ”Ini benar-benar tragis, kita tidak bisa melupakan apa yang telah terjadi. Kami harap dia ditemukan,” cerita tetangga Libby.

Petugas polisi juga terus mencari properti di Jalan Raglan, Hull, tempat Relowicz ditangkap Rabu malam. Sebuah van polisi besar dapat terlihat di bagian bawah jalan, dengan sejumlah petugas lalu lalang membawa sejumlah barang. Polisi terlihat menggunakan tongkat dan kamera untuk mencari di kebun belakang rumah yang membelakangi Lapangan Bermain Oak Road yang telah menjadi fokus pencarian selama seminggu terakhir.

Berita itu muncul ketika halaman JustGiving diterbitkankan untuk meringankan biaya keuangan orang tua Libby di Hull selama pencarian berlanjut. ”Mereka harus melalui cobaan mengerikan. Jadi, akan lebih baik bisa mengurangi satu tekanan pada keluarga itu,” ungkap Craig Hopkins pada Hull Live.

Berdasar klip CCTV menunjukkan Libby naik ke sisi penumpang mobil dikendarai seorang pria. Polisi telah memeriksa rekaman CCTV diambil di Haworth Street, Hull, tepat setelah tengah malam Jumat lalu. Video itu menunjukkan seorang pengemudi laki-laki menggulung rokok sebelum membantu seorang penumpang, diduga Libby, masuk ke mobil.

Inspektur Polisi Detektif Humberside, Matt Hutchinson, mengatakan sudah ada 100 jam rekaman CCTV dilihat sebagai bagian penyelidikan kasus Libby. ”Ada berbagai jalur penyelidikan telah kami selidiki dan sedang menindaklanjuti rekaman CCTV,” kata detektif itu. (fay/dailymail)

Berita Terkait


Baca Juga !.