Ekonomi

Optimistis Pertumbuhan Konsumen hingga 8 Persen

Redaktur: Sicilia
Optimistis Pertumbuhan Konsumen hingga 8 Persen - Ekonomi

PENGALAMAN KONSUMEN-Penghobi fotografi menjadi target pasar PT Datascrip sebagai produsen tunggal produk Canon. Foto: Dewi Maryani/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Makin maraknya penghobi fotografi, terutama di kalangan milenial membawa angin segar bagi produsen Canon. Melalui agen tunggalnya di Indonesia, PT Datascrip menargetkan pertumbuhan konsumen fotografi 5-8 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

''Kebutuhan akan dokumentasi juga bertambah. Ini peluang besar bagi kami," ungkap Manager Divisi Citra Komunikasi Produk PT Datascrip Sintra Wong di Jakarta, Minggu (10/2/2019).

Apalagi, saat ini muncul tren Youtuber di kalangan milenial. Sehingga, semakin membangkitkan pasar kamera.

Saat ini, lanjutnya, pangsa pasar Canon di segmen kamera mirrorless sudah cukup besar. Bahkan hingga akhir tahun bisa mencapai 40 persen. 

Sebenarnya selain kamera mirrorless, Canon juga masih pasar di segmen kamera poket dan kamera DSLR.  Bahkan sejak tahun 2016, kamera mirrorless menunjukkan peningkatan penjualan 20 persen. Sementara DSLR turun 10 persen dan kamera pocket malah turun 20 persen.

Melonjaknya penjualan kamera mirrorless Canon tidak terlepas dari berubahnya gaya hidup generasi muda millenial yang kini lebih menyukai kamera dengan hasil yang memuaskan namun ringan ketika dibawa bepergian. Kedua opsi tersebut bisa didapatkan dari kamera Mirrorless.

Sintra juga memaparkan, Canon aktif memperkenalkan kamera mirrorless Canon EOS M kepada masyarakat dari berbagai kalangan. Terutama konsumen yang bukan fotografer serius atau profesional. 

''Termasuk melalui kerja sama dengan berbagai komunitas seperti komunitas pecinta kuliner, otomotif, dan komunitas-komunitas lainnya,'' tambahnya. Apalagi, pihaknya juga membuka gerai Canon Image Square di Mal Ambassador, Jakarta Selatan untuk semakin mendekatkan diri kepada pasar. Canon Division PT Datascrip membenarkan, bahwa pembukaan gerai ini menjadi salah satu taktik bisnis.

''Ini adalah gerai kami yang ke-19. Tentu saja membawa keuntungan tersendiri. Karena mal kini menjadi salah satu tempat favorit warga Jakarta dalam memburu produk-produk elektronik dan fashion. Di sini, pelanggan bisa mencoba produk yang akan dibeli, serta berkonsultasi langsung dengan sales consultant profesional untuk mendapatkan produk sesuai dengan kebutuhannya,'' paparnya.

Gerai ini mengusung konsep sebagai rantai toko ritel yang menghadirkan serangkaian produk pencitraan digital dari Canon yang disertai dengan nilai tambah pengalaman (experience), pengetahuan (education), keterlibatan (engagement), dan kesenangan (excitement) konsumen terhadap produk-produk pencitraan digital Canon, mulai dari prapembelian, hingga pascapembelian. (dew)

Baca Juga


Berita Terkait

Fashion / Yuk Lihat Proses Kehidupan di Pameran Seni Fotografi Fashion

Wanita / Female Photographer Gathering


Baca Juga !.