Ekonomi

Bersinergi Berikan Sambungan Listrik Gratis

Redaktur: Nurhayat
Bersinergi Berikan Sambungan Listrik Gratis - Ekonomi

ANUGERAH- Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) menerima penghargaan dari Ketua umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari (keempat kanan) saat puncak perayaan Hari Pers Nasional 2019, di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/2). Zabur Karuru/antara

INDOPOS.CO.ID - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali bersinergi memberikan bantuan listrik gratis kepada 14 ribu masyarakat kurang mampu di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dalam program yang dihelat pada Jumat (8/2) lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  Rini M. Soemarno, secara simbolis  menyalakan listrik di lima rumah penduduk di Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Program itu, kata Rini, merupakan kepedulian BUMN sebagai agen pembangunan. Yang tidak hanya menciptakan keuntungan. Tetapi juga terlibat dalam program-program yang secara nyata mendorong perbaikan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. ”Saya senang, masyarakat yang tadi hanya mengambil listrik di tetangga, sekarang sudah bisa menikmati listrik dari PLN, ini sangat membantu,” ujar Rini, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, penyambungan Listrik di Kabupaten Cianjur merupakan bagian dari program penyambungan listrik di Provinsi Jawa Barat melalui skema sinergi BUMN. Masyarakat yang mendapatkan bantuan merupakan masyarakat atau rumah tangga tidak mampu Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Sementara, pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Menteri Badan Usaha Milik Negara  Rini Soemarno meraih penghargaan khusus, yakni Anugerah Kepedulian terhadap Pers, kategori Instansi Pemerintah. Penghargaan itu diterimanya dalam acara puncak Peringatan HPN 2019 yang diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/2/2019).

”Alhamdulillah. Saya menghaturkan beribu terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas peran pers dalam naungan PWI yang terus menjadi referensi pemberitaan akurat untuk masyarakat," ujar Rini. Prestasi tersebut kata dia,  bukan hanya miliknya, tapi milik seluruh BUMN yang telah berkomitmen mendukung kemajuan pers Indonesia.

Terkait penghargaan itu, panitia HPN 2019 menilai Menteri Rini telah memberikan akses yang mudah, dan keterbukaan informasi yang luas kepada insan pers nasional terkait kegiatan-kegiatan BUMN yang pro rakyat. Serta mendorong seluruh BUMN agar terlibat aktif dalam kegiatan peningkatan kompetensi wartawan Indonesia.

Lebih lanjut Rini mengatakan, peran pers dalam menyajikan pemberitaan yang benar, sesuai fakta, dan berimbang sangat penting dalam upaya melawan hoaks. ”Sehingga masyarakat Indonesia dapat mengkonsumsi informasi atau berita yang aktual dan faktual, tidak mudah terbawa arus hoaks,” ujar  Rini.

Selain itu, faktor lain yang menjadi alasan penghargaan tersebut yakni Menteri Rini tercatat telah ikut berperan aktif dan mendukung pelatihan digitalisasi program-program usaha untuk komunitas dan keluarga wartawan. Di mana sejak peringatan HPN tahun lalu, Rini telah mendorong BUMN bersinergi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk menjalankan program vokasi kewirausahaan wartawan. 

Program yang merupakan bagian dari program Rumah Kreatif BUMN ini bertujuan untuk memberikan akses maupun tambahan informasi dan pengetahuan bagi jurnalis untuk dapat mengaktualisasikan diri, termasuk di bidang wirausaha. Hingga saat ini, program tersebut sedikitnya telah diikuti lebih dari 500 wartawan yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. (dai) 

Berita Terkait

Nasional / Tol Pasuruan-Probolinggo Timur Siap Operasional

Ekonomi / Rangsang Milenial untuk Peduli Lingkungan

Nasional / BNI Syariah Dukung Islamic Nexgen

Ekonomi / Kebut Sambungan Listrik Gratis

Ekonomi / Dukung Program BUMN Islamic Nexgen Fest 2019

Ekonomi / Februari, Holding Infrastruktur Tuntas


Baca Juga !.