Ekonomi

BTN Realisasikan Kredit Rp 523 Triliun

Redaktur: Nurhayat
BTN Realisasikan Kredit Rp 523 Triliun - Ekonomi

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti, banyak perbankan plat merah yang justru mendongkrak kredit mereka dari sektor perumahan atau properti. Seperti Bank Tabungan Negara (BTN) tercatat telah memiliki aset senilai di atas Rp 300 triliun atau naik sekitar 17 persen dibandingkan pencapaian tahun 2017 lalu yang tercatat sebesar Rp 261,5 triliun.

”Peningkatan aset Bank yang fokus pada kredit perumahan diiringi dengan pertumbuhan kredit yang positif meski dalam kurun waktu lima tahun terakhir terjadi gejolak ekonomi global,” kata Direktur Utama Bank BTN, Maryono, di Jakarta, Minggu (10/2/2019).

Selain pengumpulan aset yang dinilai fantastis, Bank BTN telah merealisasikan kredit sekitar Rp 523 triliun yang didominasi oleh kredit pemilikian rumah (KPR). Kredit dan pembiayaan tersebut mengalir kepada lebih dari 4,5 juta keluarga di Indonesia.

”Peningkatan aset dan kucuran kredit BTN banyak didorong oleh Program Sejuta Rumah yang diinisasi oleh Pemerintah pada tahun 2015, dimana program memacu Bank BTN untuk melakukan inovasi produk KPR dan skema kredit yang memudahkan masyarakat berpenghasilan rendah hingga milenial untuk memiliki rumah,” kata Maryono.

Dia juga mengapresiasi Pemerintah, regulator dan masyarakat Indonesia dalam mendukung kinerja Bank BTN selama 69 tahun berdiri. Menurut dia, kepercayaan keluarga Indonesia terhadap Bank BTN untuk memberikan layanan perbankan dan kepercayaan pemerintah untuk mengalirkan bantuan subsidi KPR melalui perseroan memotivasi Bank BTN untuk terus berkembang lebih baik. 

Maryono menambahkan agar kinerja kredit Bank BTN terus melaju, perseroan memasang sejumlah strategi. Diantaranya meningkatkan kerja sama dengan instansi atau pihak swasta untuk jasa layanan perbankan, khususnya pembiayaan perumahan.

Kemudian mengembangkan digital ecosystem dengan memperkuat fitur-fitur dari digital channel Bank BTN untuk layanan perbankan baik transaksi maupun kredit demi menghadapi disrupsi ekonomi yang terjadi. Ketiga memperkuat kemitraan dengan Pemerintah baik pusat maupun daerah untuk pembiayaan dan penyediaan perumahan. ”Kami menyelaraskan program dan target perseroan dengan misi pemerintah dalam holding perbankan serta Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang akan direalisasikan,” tambahnya.

Tercatat Bank BTN telah menguasai pangsa pasar KPR subsidi di Indonesia lebih dari 94 persen (data per Juni 2018). Sementara untuk KPR secara nasional BTN menguasai sekitar 37 persen (data per Maret 2018). (vit)

TAGS

btn

Berita Terkait

Ekonomi / BTN Patok KPR Rp 7 Triliun

Ekonomi / BTN Optimistis Wujudkan Proyeksi 2019

Ekonomi / Dukung Infrastruktur Pengembangan Bandara

Indobisnis / BTN Tulari Siswa Virus Kebangsaan

Indobisnis / BTN Bantu Korban Banjir Banyuwangi Rp 100 Juta

Indobisnis / BTN Sabet Predikat Bank Terbaik 2018


Baca Juga !.