Ekonomi

Tiket MRT Harus Ramah Kantong Kelas Sandal Jepit

Redaktur: Jakfar Shodik
Tiket MRT Harus Ramah Kantong Kelas Sandal Jepit - Ekonomi

Foto Antaranews.com

INDOPOS.CO.ID – Mass Rapid Transit (MRT) bakal dioperasikan Maret mendatang. Keberadaan moda transportasi massal itu harus bisa dijangkau beragam kelas ekonomi. Itu penting supaya masyarakat pindah dari kendaraan pribadi menuju kendaraan umum.

Peneliti Pusat Penelitian Kebudayaan dan Kemasyarakatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wahyudi Akmaliah mengatakan kalau terlalu mahal, akan kembali menggunakan mobil pribadi. ”Ya, harus bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat,” tutur Wahyudi di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Menilik sejarah transportasi massal di Jakarta, sebetulnya kebiasaan masyarakat pada transportasi umum sudah cukup baik dan adaptif. Apalagi ketika muncul trans-Jakarta pada 2004 dan Kereta Rel Listrik (KRL) terus mengalami perkembangan. ”Di situ ada budaya antre, berjalan sesuai aturan saat pintu masuk dan keluar. Sebelumnya, adanya Transjakarta itu juga menciptakan pra-kondisi kesiapan masyarakat untuk menerima transportasi massal saat ini,” ulasnya.

Selain tiket terjangkau, kunci sukses transportasi massal di ibu kota sebenarnya mengacu pada kecepatan moda transportasi itu. Pengelola juga hendaknya memberi insentif bagi pengguna transportasi massal dan menciptakan infrastruktur pendukung kenyamanan dalam menggunakan transportasi massal. ”KRL sudah melakukan itu. Jadi, perlu juga dibatasi pembelian untuk produksi industri otomotif,” tegasnya. (ant)

 

Berita Terkait

Headline / Buzzer Senjata Makan Tuan

Megapolitan / Nah Loh, Naik MRT Bisa Kena Denda

Megapolitan / Ssstt… Antrean MRT Gak Mengular Lagi

Politik / MRT Bangun Solidaritas Sosial Rakyat Indonesia

Megapolitan / Belum Siap, Park and Ride Idealnya Dibeton

Megapolitan / Ini Alasan Tak Perlu Tempat Sampah di MRT


Baca Juga !.