Megapolitan

Gelar Operasi Lintas Jaya

Redaktur: Darul Fatah
Gelar Operasi Lintas Jaya - Megapolitan

Ilustrasi Foto

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama kepolisian dan TNI menggelar Operasi Lintas Jaya 2019 pada hari ini (kemarin-red). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, operasi lintas jaya dilakukan rutin setiap tahun.

“Alhamdulillah tahun yang lalu operasi berjalan cukup baik, tingkat kepatuhan di tahun 2018 meningkat 8 persen. Kemudian problem overloading juga menurun 18 persen,” ujar Anies Baswedan di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Anies optimistis pelaksanaan operasi tahun ini bisa meningkatkan kepatuhan. Dari Dinas Perhubungan, menurut Anies, target 2019 mencapai 20 persen.

“Kami ingin ketertiban ini mengantarkan keselamatan semua warga dari rumah ke tempat tujuan hingga kembali ke rumah,” terang dia.

Ia menuturkan, risiko kecelakaan di jalan sangat tinggi, akibat ketidakpatuhan. Mulai dari ketidakpatuhan pada ambang batas kecepatan sampai ketidakpatuhan pada rambu-rambu lalu lintas.

Kemudian ketaatan pada peraturan, karena ini menyangkut bukan saja ketertiban juga perilaku.

“Ketaatan kita menjadi kunci apalagi kecepatan kendaraan bermotor, karena itu alat untuk memindahkan badan dari satu tempat ke tempat lainnya,” ucap dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, ada dua titik operasi lintas jaya nanti. Yakni pada lintasan berdasarkan pantauan dan terminal-terminal.

“Kita punya unit pengelola sistem lalu lintas dan monitor secara realtime dengan memanfaatkan data-data seperti Google Map dan waze,” ungkap dia.

Untuk operasi di terminal, menurut Sigit, menyasar angkutan umum, penertiban calo hingga tarif maupun kelengkapan administrasi dari penyelenggaraan angkutan umum.

Sedikitnya, sambung Sigit, operasi melibatkan 700 orang personel. “Kita libatkan TNI dan Polri,” tukas dia. (nas)

Berita Terkait

Megapolitan / Belum Tahu Program Dana Swakelola

Megapolitan / Siapkan Pergub, Awasi Dana Swakelola

Megapolitan / Aetra Mengaku Tunduk Aturan

Megapolitan / Rotasi Jabatan Amburadul

Megapolitan / Halte Pasar Rumput Tidak Dipindah


Baca Juga !.