Headline

BREAKING NEWS: Tiga Kali Gempa Susulan Guncang Kaimana, Warga Rasakan Efek Gempa

Redaktur: Ahmad Nugraha
BREAKING NEWS: Tiga Kali Gempa Susulan Guncang Kaimana, Warga Rasakan Efek Gempa - Headline

Peta gempa susulan di Kaimana, Papua Barat. Foto: BNPB Indonesia/TWITTER.COM

INDOPOS.CO.ID - Sebanyak tiga gempa bumi susulan mengguncang Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, Selasa (12/2/2019) namun tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan, gempa bumi yang pertama berkekuatan 4,1 Skala Richter (SR) terjadi pukul 08.59 WIT dengan kedalaman 15 kilometer. Lokasi?gempa pada koordinat 4.05 Lintang Selatan dan 133.36 Bujur Timur yang berjarak 62 km barat daya Kaimana.

Kemudian gempa susulan pertama terjadi pada pukul 09.19 WIT berkekuatan 3,2 SR pada koordinat 4.17 Lintang Selatan dan 133.31 Bujur Timur yang berjarak 75 km barat daya Kaimana dengan kedalaman 10 km.

Gempa susulan kedua terjadi pada pukul 09.33 WIT berkekuatan 3,2 SR pada koordinat 4.13 Lintang Selatan dan 133.27 Bujur Timur yang berjarak 75 km Barat Daya laut Kaimana dengan kedalaman 10 km.

Gempa susulan ketiga terjadi pada pukul 12.03 WIT berkekuatan 3,1 SR pada koordinat 4.36 Lintang Selatan dan 133.31 Bujur Timur yang berjarak 62 km Barat Daya Kaimana dengan kedalaman 10 km.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng.

Penjalaran getaran gempa dirasakan seluruh warga wilayah Kabupaten Kaimana. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami.

Hingga saat ini belum dilaporkan kerusakan yang timbul akibat gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Kaimana tersebut. (ant)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Tiket Pesawat Mahal, Wisatawan Mancanegara ke Papua Turun

Daerah / Pencairan THR Tidak Boleh Telat

Nusantara / Nduga Memanas Lagi, Separatis Kembali Serang, Satu TNI Gugur

Daerah / Sertifikasi Tanah Papua, Modal Dongkrak Ekonomi

Daerah / Jerman Tawari Program Energi Terbarukan untuk Papua

Daerah / Indeks Pembangunan Manusia Papua Naik


Baca Juga !.