Politik

Habib Ali Zainal Ajak Umat Islam Jaga Persatuan

Redaktur: Ali Rahman
Habib Ali Zainal Ajak Umat Islam Jaga Persatuan - Politik

INDOPOS.CO.ID - Dinamika politik dalam negeri menjelang Pemilu serentak yang digelar pada 17 April 2019 nanti sudah terlihat jelas. Bahkan, pendukung calon presiden (capres) dan calon anggota legislatif (caleg) digiring hingga isu pecahnya suara umat Islam.

Persoalan ini menarik perhatian sejumlah tokoh di Tanah Air. Salah satunya, Al Habib Ali Zainal Abidin, yang merupakan keturunan langsung atau cicit dari Syech Sayyid Mbah Priuk. Pada pesta demokrasi lima tahunan ini, ia menyerukan agar umat Islam tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

"Persoalan politik adalah hal ke duniawian, untuk itu kita tidak boleh pecah gara-gara berbeda pilihan. Kalau umat Islam pecah belah, nanti ada yang 'tepuk tangan'. Jadi, jangan sampai pilpres ini menjadikan kita saling hujat satu sama lain," ujar Habib Ali dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, belum lama ini.

Ia juga menyampaikan, tugas Habib adalah menjaga persatuan dan kesatuan umat secara keseluruhan. Bahkan, menjaga bangsa dari segala rongrongan akidah. Sesama Islam bersaudara. Namun demikian, sudah menjadi sunnatullah, dan Nabi Muhammad juga pernah mengatakan bahwa Islam banyak cabang, satu sama lain saling membanggakan golongannya. Dan tanda-tanda datangnya akhir zaman adalah munculnya fitnah dan berita sesat.

"Bahkan saya saja tinggal di sini bukan berarti nyaman. Banyak serangan dan fitnah yang datang. Tapi kita sikapi dengan santun dan memohon perlindungan dari Allah," katanya.

Dengan begitu, Al Habib mengimbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan adanya isu yang berkembang di media sosial. Seperti banyaknya kabar hoaks atau berita bohong. Masyarakat harus bertabayyun dulu bila menyikapi sebuah pemberitaan, selanjutnya kembalikan kepada Allah dan Rasul-Nya.

"Mari kita kembalikan kepada Allah, mana pemimpin yang baik. Namun dalam konteks ini, kami tetap netral," tegasnya. (dai)

Berita Terkait

Headline / Pemilu Serentak Cacat Bawaan


Baca Juga !.