Headline

Tarif Tol Kembali Naik

Redaktur: Nurhayat
Tarif Tol Kembali Naik - Headline

Grafis GIMBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menaikkan tarif Tol Sedyatmo atau dikenal Tol Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Tarif tol untuk golongan I naik dari Rp 7.000 menjadi Rp 7.500 atau sebanyak Rp 500. Atas kenaikkan itu, operator menjanjikan bebas kemacetan.

Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, penyesuaian ini sesuai dengan Undang-undang 38 tahun 2004 tentang Jalan di mana penyesuaian tarif dilakukan dua tahun sekali sesuai dengan laju inflasi. Penyesuaian ini juga terjadi pada golongan kendaraan yang lain. ”Jadi sudah ada di perjanjian sebelum bangun tol memang tarif ada penyesuaian tiap dua tahun sekali,” kata Subakti di Jakarta, Senin (11/2).

Tercatat, tarif golongan I Rp 7.500, golongan II Rp 10.000, dan golongan III Rp 10.000. Kemudian, untuk golongan IV dan V tarifnya menjadi Rp 11.000. Dia mengatakan, tarif ini berlaku Kamis mendatang. ”(Berlaku) tanggal 14 Februari hari Kamis jam 00.00,” tambahnya.

Sementara itu, Corporate Secretary Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan penyesuaian tarif ini juga memenuhi pelayanan standar pelayanan minimum (SPM). ”Kenaikan sesuai laju inflasi 2 tahun terakhir. SPM telah dipenuhi sesuai ketentuan,” ujarnya.

Selain itu, PT Jasa Marga juga akan mengoperasikan beberapa ruas jalan tol pada tahun ini, antara lain ruas tol layang Jakarta-Cikampek Elevated, kemudian Jakarta Outer Ring Road (JORR) II mulai dari Cinere-Serpong-Kunciran hingga Cengkareng. ”Target kita di tahun 2019, ruas tol yang akan dioperasikan sepanjang 244 kilometer,” ujar Direktur Pengembangan Jasa Marga, Adrian Priyohutomo kepada wartawan, di Jakarta, Senin (11/2).

Menurut Adrian, ruas tol lainnya yang juga akan dioperasikan oleh Jasa Marga pada tahun ini adalah Pandaan - Malang, Gempol - Pandaan, Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi Seksi 7 yakni ruas Sei Rampah - Tebing Tinggi, berikutnya ruas tol Balikpapan - Samarinda, dan terakhir ruas tol Manado - Bitung Seksi 1A, 1B dan 2A. ”Sehingga totalnya 244 Km jalan tol akan dioperasikan,” kata Adrian.

Sebelumnya Jasa Marga berharap Jalan Tol Layang (elevated) Jakarta - Cikampek bisa difungsionalkan pada musim libur Lebaran tahun 2019. Selain upaya penyelesaian pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Jasa Marga juga berencana untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 atau JORR 2.

Sedangkan pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung kembali dilanjutkan oleh Jasa Marga usai difungsionalkan selama libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, dengan pengerjaan konstruksi Seksi 2A Airmadidi-Danowudu ditargetkan selesai 100 persen pada kuartal kedua tahun 2019. (vit/ant)

 

TAGS

Berita Terkait

Headline / Dinihari Nanti Tarif Tol Sedyatmo Disesuaikan

Nasional / Pengusaha Truk Teriak Turunkan Tarif Tol

Jakarta Raya / Tol JORR Diintegrasikan, Ini Dia Tarifnya

Nasional / Kenaikan Tol Japek Ditolak

Nasional / Tarif Tol Jakarta-Cikampek Naik


Baca Juga !.