Nasional

Guru Harus Berwibawa di Depan Siswa

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Guru Harus Berwibawa di Depan Siswa - Nasional

TINJAU-Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy menghadiri Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud, Jalan Raya Cinangka, Bojongsari Depok, Jawa Barat. Foto: Dhika/INDOPOS.

INDOPOS.CO.ID - Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy menyatakan, seorang pendidik itu harus memiliki wibawa. Guru yang berwibawa mampu mempengaruhi anak didiknya. Sehingga tujuan yang dicapai dalam proses pembelajaran berjalan maksimal.

"Mewanti wanti kepada guru, supaya menjaga kewibawaanya, di depan siswa. Jangan sampai dia kehilangan panutan, keteladanan. Hanya gara gara dia tidak bisa merawat, menjaga kewibawaanya di depan siswa," ujar Muhadjir Effendy di kawasangan Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019).

Ia juga menyoroti kejadian perundungan terhadap guru SMP di Gresik, Jawa Timur. Hal itu masuk dalam pelanggaran berat. Untuk mencegah kejadian serupa maka guru yang merupakan pribadi utuh mampu mengubah perilaku dan kepribadian peserta didik.

"Kewibawaanya segalanya bagi guru, tanpa wibawa tidak mungkin dia melakukan peranan dan tugasnya sebagai seorang guru untuk anak," terang mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Meski seringkali guru menghadapi kelas yang kurang tertib dan menghadapi berbagai karakter murid yang berbeda, di sinilah keterampilan guru dalam mengajar akan diuji.  "Sebagain besar anak itu masih masa pubertas, memang kelakuanya aneh. Saya kira semua guru profesional, sudah dibekali ilmu tentang ilmu jiwa perkembangan, dan ilmu jiwa belajar," tukas Muhadjir. (dan)

Berita Terkait


Baca Juga !.