Ekonomi

Ultah Ke-9, Thamcit Jadi Pusat Batik dan Busana Muslim Terbesar di Indonesia

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Ultah Ke-9, Thamcit Jadi Pusat Batik dan Busana Muslim Terbesar di Indonesia - Ekonomi

RAMAI-Perdagangan di Trade Mall (TM) Thamrin City, di Jakarta Pusat.FOTO:IST

INDOPOS.CO.ID – Menginjak usianya yang ke-9, Trade Mall (TM) Thamrin City (Thamcit) di Jakarta Pusat, kini berkembang menjadi pusat perbelanjaan grosir dan retail berbagai produk fashion terutama batik dan dan pakaian muslim terbesar di Indonesia. 

“Data yang kami himpun selama 2018, Thamcit dikunjungi lebih 16 juta orang. Naik sekitar 500 ribu dari tahun sebelumnya. Sebagian besar pengunjung itu datang untuk berbelanja berbagai produk batik dan pakaian Muslim. Ini menjadikan TM Thamrin City kini merupakan pusat perbelanjaan batik dan pakaian Muslim terbesar di Jakarta, dan juga di Indonesia,” ujar General Manager TM Thamrin City Adi Adnyana di sela-sela peringatan HUT ke-9 TM Thamrin City, (12/2/2019).

Menurut Adi Adnyana, perkembangan bisnis dibThamcit sangat pesat. Pada 2012 atau sekitar dua tahun setelah beroperasi, kompleks trade mall ini baru dihuni oleh sekitar 1.700 kios. Kini, sudah berkembang menjadi lebih 5.000 kios yang buka. “Perkembangan ini tentu sangat menggembirakan. Kami mengucapkan terima kasih kepada para tenant, para pengusaha kios, dan kepada para pengunjung. Dan juga kepada masyarakat Jakarta secara luas, atas dukungan terhadap perkembangan trade mall ini. Kami berharap ini bisa terus menjadi pusat bisnis potensial yang menguntungkan warga Jakarta,” ungkap Adi Adnyana. 

Untuk memperingati hari ulang  tahun ke-9 pada bulan ini, Thamcit menggelar berbagai acara dari  2-4 Februari 2019 di lobby utama Grand Hall, Thamcit. Mengusung tema “Batik Pemersatu Bangsa” acara peringatan ulang tahun kali ini, diisi dengan kegiatan bakti sosial donor darah, lelang batik spesial, penjualan batik Rp 5.000 untuk ibu-ibu, pemberian bantuan dana sosial ke Yayasan Agung Podomoro Land (YAPL), games Free Pass TM Thamrin City, dan acara puncak berupa pesta seni dan potong tumpeng pada.

Puncak pentas seni dimeriahkan dengan peragaan busana, permainan musik etnik, pertunjukan musik pelajar Jakarta, pertunjukan tari Betawi, lomba foto untuk ditampilkan di media sosial TM Thamrin City, acar komunitas, kuis berhadiah, dan penampilan musik band terkenal Hijau Daun. Di dalam ajang Games Free Pass TM Thamrin City yang digelar selama tiga hari, para pengunjung bisa mengikuti permainan ini dengan cara mengumpulkan stempel dari zona-zona bisnis di dalam TM Thamrin City yang dikunjungi.

Seperti, Zona Batik Zona Tenun, Zona Hijab, Zona Pakaian Timur Tengah, Zona Busana Muslim, Zona Milenial, Zona Kerajinan, dan lain-lain. Stempel yang terkumpul bisa ditukar dengan berbagai hadiah menarik dan merchandise dari Charisma Accessoris, salah satu tenan terbesar Thamcit.

Favorit Warga Malaysia

Menurut Adi Adnyana, selain menjadi tempat berbelanja favorit warga Jabodetabek,Thamcit kini juga telah menjadi trade mall favorit para turis asing di Jakarta dan tamu negara. Terutama untuk berbelanja berbagai produk batik, fashion, cinderamata, dan pakaian Muslim. “Setiap bulan saja sekitar 3.000 warga Malaysia menginap di berbagai hotel di sekitar Thamrincit, terutama di Amaris Hotel yang menyatu di dalam kompleks trade mall ini. Mereka biasanya para pedagang grosir yang berbelanja berbagai produk pakaian Muslim.

Ini yang menjadikan Thamcit tidak saja menjadi pusat batik terbesar, tetapi juga pusat perdagangan busana Muslim terbesar di Indonesia. Yang melayani tidak hanya kebutuhan pasar dalam negeri tetapi juga ekspor. Orang Malaysia suka sekali ke sini,” tambah Adi Adnyana. Tahun lalu, ribuan atlet dan wisatawan Asian Games 2018 juga menjadikan Thamcit ini sebagai pusat perbelanjaan paling favorit untuk mendapatkan berbagai cindera mata dan oleh-oleh selama mereka berada di Jakarta.

Donny, pemilik kios Feski Clothing di Lantai 1 dan Lantai Dasar Thamcit, mengaku senang berbisnis dan membuka kios yang menjual pakaian khusus pria di Thamcit. “Laris, setiap hari berjualan disini. Pihak manajemen cukup aktif membuat acara-acara pertunjukan musik dan pameran, sehingga banyak pengunjung mau datang. Selamat Ulang Tahun ke-9 TM Thamrin City,” ujar Donny, yang kini memiliki tujuh kios pakaian di Thamcit.(srv)

Berita Terkait


Baca Juga !.