Politik

Parpol Jangan Hanya Jadikan Kader Muda Pemanis

Redaktur: Ali Rahman
Parpol Jangan Hanya Jadikan Kader Muda Pemanis - Politik

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Kornelise menginginkan agar partai politik dan pemerintah memberikan ruang bagi pemuda. "Pemuda harus diberikan peran yang besar oleh negara," usulnya.

Dia yakin, jika diberikan peran dan ruang yang besar, pemuda akan mampu menjalankan dengan baik karena mempunyai potensi yang besar. Tetapi sayangnya, saat ini pemuda hanya menjadi pemanis dan jualan politik bagi partai politik dan pemerintah. Pemuda hanya jadi komoditi politik, bukan sebagai subjek untuk bagaimana pemuda terlibat di dalam partai politik.

Ketua Bappilu Partai NasDem Effendy Choirie atau Gus Choi menyatakan caleg yang diusung NasDem pada Pemilu 2019 juga didominasi anak muda. Hal itu, kata dia, lantaran pemilih NasDem memang banyak dari generasi muda. Keberadaan kader muda disandingkan dengan kader berusia sekitar 50’an yang juga cukup banyak.

"Caleg itu 70-an persen muda. Bahkan kalau di daerah mungkin sampai 90 persen. Yang tua-tua sudah enggak ada, sudah sedikit sekali. Seusia saya yang 55 tahun itu ya sudah sedikit kan. Pada umumnya yang muda. NasDem kan memang hasil survei peminat NasDem memang banyak yang muda" kata Gus Choi kepada wartawan, Selasa (12/2/219).

Gus Choi menambahkan, pada umumnya generasi lama sudah mempunyai pilihan partai. Sehingga umumnya mereka tidak pindah-pindah partai. Oleh karena itu, NasDem berupaya merangkul kaum muda bahkan yang belum pernah berpartai sekalipun.

"Karena ini banyak muda, maka di ABN (Akademi Bela Negara/Sekolah Kader NasDem) itu usianya yang ikut ABN itu usianya antara 23 tahun sampai 30 tahun. Bahkan banyak sekali yang belum pernah berpartai," katanya.

Menurut NasDem, anak muda yang belum pernah berpartai bisa didik lantaran masih murni. Maksudnya, belum terkontaminasi oleh tradisi partai-partai lama yang mungkin saja dicap buruk oleh sebagian masyarakat. "Jadi masih suci bisa disiapkan menjadi calon pemimpin, digembleng terus-terusan," katanya. (jaa)

Berita Terkait


Baca Juga !.