Nasional

Pemberian Hukuman pada Murid Jangan Merunggut Masa Depannya

Redaktur: Redjo Prahananda
Pemberian Hukuman pada Murid Jangan Merunggut Masa Depannya - Nasional

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy saat menghadiri Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud, Jalan Raya Cinangka, Bojongsari Depok, Jawa Barat. Foto : Dhika/INDOPOS.

INDOPOS.CO.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan, pemberian hukuman kepada siswa harus mendidik. Jangan sampai merenggut masa depannya. Segala hal yang dilakukan pihak sekolah harus dapat dimaknai sebagai bagian dari proses pendidikan.

"Kalau sudah melakukan pelanggaran akan diberi sanksi pasti itu. Sanksinya silahkan saja dirumuskan, yang penting pesan saya jangan sanksi itu merampas masa depan si anak," ujar Muhadjir Effendy di kawasangan Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019).

Hukuman itu dimaksudkan sebagai upaya mendisiplinkan siswa terhadap peraturan yang berlaku. Siswa harus dapat merasakan adanya manfaat bagi mereka dari hukuman yang diberikan.

Selain itu, Tenaga kependidikan memiliki tanggung jawab untuk mengajar dan membimbing murid atas dasar norma yang berlaku. Hukuman itu juga menuntut konsekuensi bagi para pendidik itu sendiri. Maksudnya, pendidik harus benar-benar bisa sebagai suri tauladan bagi anak didiknya.

"Karena tugas pendidikan itu bagaimana memberikan peluang memberikan ruangan yang cukup kepada anak. Untuk berkembang secara optimal, kalau anak itu bermasalah cari pemecahnya," terang Muhadjir.

Belum lama ini terjadi perundungan terhadap guru SMP di Gresik, Jawa Timur, Sabtu (9/2/2019). Kini siswa tersebut sudah meminta maaf kepada gurunya. Siswa itu dijatuhi hukuman berupa wajib solat berjamaah selama tiga hari berturut-turut. (dan)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Eks Bandara Kemayoran bakal Jadi Cagar Budaya  

Headline / Tegaskan Tidak Ada Perpeloncoan Murid Baru di Sekolah

Headline / Pengamat Minta Hindari Dua Kementerian dari Kader Partai

Nasional / Satgas Zonasi Pendidikan untuk Bantu Pemerintah Daerah

Nasional / Kemendikbud Bentuk Satgas Zonasi Pendidikan


Baca Juga !.