Kesra

PAUD Menumbuhkan Keinginan Anak Bersekolah ke Tingkat Lebih Tinggi

Redaktur: Redjo Prahananda
PAUD Menumbuhkan Keinginan Anak Bersekolah ke Tingkat Lebih Tinggi - Kesra

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kemendikbud Harris Iskandar memberikan keterangnya di kawasan Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Foto: Dhika/INDOPOS.

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan, bahwa pentingnya sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD). Karena mampu menumbuhkan keinginan anak untuk melanjutkan pendidikan hingga tingkat yang lebih tinggi.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kemendikbud Harris Iskandar mengatakan, minat anak bersekolah maka mengubah nasib keluarganya dan memutus rantai kemiskinan.

"Yang paling penting, dalam sosialisasi kami tekankan justru ana-anak dari keluarga miskin. Kemudian keinginan belajarnya itu tumbuh, maka mereka masuk SD, SM, SMA itu dan kemudian harapanya ke perguruan tinggi," ujar Harris Iskandar di kawasan Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019).

Sebagian besar anak harus masuk PAUD paling tidak setahun sebelum memasuki Sekolah Dasar (SD). Ia juga meminta pemerintah Kabupaten/Kota wajib memberikan layanan PAUD dan pendidikan kesetaraan. Hal itu sesuai dalam Peraturan Pemerintah nomor 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM).

"Aturannya kita siapkan dalam peraturan pemerintah nomor dua tahun 2018 mulai efektif 1 januari tahun 2019 ini. Jadi setiap pemerintah Kabupaten/Kota wajib menyelenggarakan pendidikan usia dini khususnya kelompok umur 5 hingga 6 tahun," jelas Harris.

Munculnya peraturan tersebut mengatur bahwa pemda harus memberikan layanan sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM). Aturan itu merupakan ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar yang wajib diperoleh oleh setiap warga negara.

Peraturan tersebut menegaskan bahwa layanan PAUD, pendidikan dasar dan pendidikan kesetaraan menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota. "Pemda bertugas untuk melakukan pendataan, penyiapan anggaran, dan sarana prasarana belajar," tukasnya. (dan)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Eks Bandara Kemayoran bakal Jadi Cagar Budaya  

Headline / Tegaskan Tidak Ada Perpeloncoan Murid Baru di Sekolah

Headline / Pengamat Minta Hindari Dua Kementerian dari Kader Partai

Nasional / Satgas Zonasi Pendidikan untuk Bantu Pemerintah Daerah

Nasional / Kemendikbud Bentuk Satgas Zonasi Pendidikan


Baca Juga !.