Ekonomi

Emas Turun Rp 2 Ribu

Redaktur: Sicilia
Emas Turun Rp 2 Ribu - Ekonomi

SEPI PENGUNJUNG: Sejumlah toko di Pasar Emas Cikini tampak sepi pengunjung, Selasa (12/2). Harga emas PT Aneka Tambang Tbk atau emas Antam turun Rp 2.000 menjadi Rp 664 ribu pergram. Foto : Toni Suhartono/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Logam mulia atau emas batangan milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dijual seharga Rp 664.000 /gram pada perdagangan Selasa (12/2/2019). Harga ini merosot sebanyak Rp 2 ribu dari posisi sebelumnya di Rp. 666.000.

Harga buyback atau pembelian kembali juga turun Rp 2 ribu dari Rp 589.000/gram menjadi Rp. 587.000/gram. Itu artinya bila Anda menjual emas, Antam akan membelinya dengan nilai tersebut. 

Harga emas batangan tersebut sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Bawa NPWP untuk mendapatkan potongan pajak lebih rendah sebanyak 0,45 persen. 

Chief Executive Officer PT Ling Brother pemilik Orori Indonesia Triono Juliarso Dawis mengatakan, penurunan harga emas tidak begitu terpengaruh terhadap penjualan. Bahkan dengan adanya penjualan secara online, maka masyarakat semakin mudah membeli perhiasan maupun berinvestasi emas batangan.

''Emas Antam memiliki ketahanan yang tinggi. Sehingga bisa menjadi alternatif investasi yang menjanjikan bagi masyarakat Indonesia,'' jelasnya.

Dia menambahkan, pada 2017 harga emas batangan tumbuh 25,75 persen. Jauh lebih tinggi ketimbang komoditas lainnya.

Dengan penjualan online pihaknya optimistis dimanapun bisa membeli emas. ''Kami optimistis, menyuplai emas batangan ke berbagai pelosok daerah. Terutama luar pulau Jawa untuk semua lapisan masyarakat,'' katanya.

Sedangkan General Manager Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam Abdul Hadi Aviciena mengatakan, dari database perusahaan semakin banyak pembelian secara daring. ''Untuk ukuran, imbuhnya, masyarakat lebih banyak pilih yang 100 gram,'' ungkapnya. (dew)

Berita Terkait

/ Rupiah Dihajar Dolar, Emas pun Meredup

/ Emas Berpotensi Menguat di Jangka Panjang

/ Emas Kian Digemari


Baca Juga !.