Headline

Capres Harus Punya Tawaran Konkret Atasi Persoalan Lingkungan Hidup

Redaktur: Ahmad Nugraha
Capres Harus Punya Tawaran Konkret Atasi Persoalan Lingkungan Hidup - Headline

Pemandangan bukit yang rusak akibat aktivitas penambangan di Desa Sirnaresmi, Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (26/12/2018). Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mencatat, sekitar 400 ribu hektare lahan hijau di Jawa Barat mengalami fase kritis yang salah satunya diakibatkan oleh aktivitas penambangan serta pembalakan hutan. Foto: ANTARA FOTO/Nurul Ramadhan/foc.

INDOPOS.CO.ID - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mengharapkan para calon presiden yang akan tampil pada debat putaran kedua memiliki tawaran yang lebih konkret terkait penyelesaian persoalan lingkungan hidup dan perubahan iklim.

"Harusnya mereka berdua punya tawaran yang lebih konkret terkait persoalan lingkungan hidup, misalnya, kalau kita lihat sekarang bencana ekologis juga semakin meningkat dari tahun ke tahun," kata Manager Kampanye Keadilan Iklim Eksekutif Nasional Walhi Yuyun Harmono di Jakarta, Kamis. 

Dia menuturkan aktivitas manusia sangat berperngaruh pada terjadinya bencana ekologis baik ulah manusia yang menyebabkan kerusakan lingkungan maupun kegiatan manusia yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim.

Aktivitas manusia itu juga berkaitan dengan pembangunan ekonomi yang selama ini dilakukan.

Menurur Yuyun, paradigma ekonomi  masih eksploitatif, yakni berdasarkan pada sumber daya alam yang akan memberikan dampak buruk yang besar terhadap lingkungan hidup dan bencana ekologis akan semakin tinggi. 

"Kalau kita lihat dengan tren bencana hidrometeorologis atau ekologis yang semakin tinggi berarti alam bereaksi terhadap model aktivitas ekonomi yang  kita lakukan dan harusnya ada penyelesaian soal itu. Jadi bukan semata-mata kita harus ramah lingkungan tapi dia juga menyasar persoalan kunci terkait dengan paradigma ekonomi kita," tuturnya.

Pada Minggu, 17 Februari 2019, dua calon presiden RI, Joko Widodo dan Prabowo akan beradu pemikiran dalam debat yang diselenggarakan KPU RI. 

Debat itu mengangkat tema energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan dan sumber daya alam. Semua bidang yang tercakup dalam tema itu dipengaruhi oleh dan mempengaruhi perubahan iklim. (ant)

 

 

 

Baca Juga


Berita Terkait

Hukum / Yusril Sebut Gugatan Prabowo ke MK Langkah Tepat

Megapolitan / Massa Pendukung Prabowo Sandi Buka Puasa di Depan MK

Headline / Berharap Prabowo dan Jokowi Foto Berangkulan

Headline / Sore Ini, BPN Ajukan Gugatan ke MK

Megapolitan / Walhi: Penerbitan Izin di Masa Transisi Harus Diwaspadai


Baca Juga !.