Nasional

Konten LGBT Langgar Budaya Bangsa

Redaktur: Riznal Faisal
Konten LGBT Langgar Budaya Bangsa - Nasional

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rudiantara. Foto : Dok/JAWAPOS.COM

INDOPOS.CO.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan, pemblokiran konten komik gay @alpantuni di Instagram tetap dilakukan di Indonesia. Walaupun tidak ada larangan konten gay dalam pedoman komunitas Instagram. 

Rudiantara mengatakan, setiap konten yang beredar di Indonesia harus mengikuti budaya dan kearifan lokal. Lesbian, gay, bisexual dan transgender (LGBT) memang masih haram dibicarakan di Indonesia meski beberapa negara, khususnya di Eropa telah terbiasa dan memaklumi isu LGBT. 

"Ya, harus dong yang mempromosikan LGBT ya bertentangan dengan kita dengan kaidah kesehatan, kaidah agama, kaidah budaya. Tidak sesuai dengan Indonesia," kata Rudiantara di Jakarta, Rabu (13/1/2019).

Dia sudah meminta Instagram untuk memblokir akun tersebut sejak minggu lalu. "Kominfo sudah menghubungi Instagram sejak Minggu lalu. Kami sudah menghubungi beberapa kali. Saya cek sudah Alpatuni-nya ada kontennya tidak ada," tukasnya.

Menurut Rudiantara, permintaan pemblokiran Kominfo terhadap akun LGBT ini bukan yang pertama kali. "Konten LGBT di Instagram ini bukan yang pertama kali. Dulu juga ada di medsos yang lain kita address juga. Kita minta turunin juga, minta take down juga," imbuhnya. 

Ditambahkan, Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, pemblokiran terhadap akun tersebut dilakukan setelah Sib Direktorat Pengendalian Konten Internet Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo menerima laporan publik dan melakukan verifikasi.

"Hasil verifikasi menunjukkan semua konten yang dimuat dalam akun Instagram Alpatuni memenuhi unsur Pasal 27 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik mengenai larangan distribusi konten pornografi," kata Ferdinandus, Rabu (13/2/2019).

Dia memaparkan, Pasal 27 ayat 1 UU ITE menyatakan 'setiap orang dilarang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan'.

"Kementerian Kominfo mengapresiasi publik yang ikut melaporkan akun Alpatuni tersebut melalui fitur 'report' di Instagram sehingga mempercepat proses 'take down'," ujarnya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tb Ace Hasan Syadzili mengutarakan, sudah semestinya Kominfo tegas. "Kami sudah mendesak kepada Kominfo untuk bersikap dengan tegas pihak-pihak yang menggunakan akun tersebut. Kominfo harus segera menutup media sosial yang jelas berisi konten seperti itu," tegas Ace saat dihubungi.

Menurutnya, konten penyimpangan seksual seperti LGBT seharusnya tidak dipertontonkan di media sosial. Sebab, hal itu bertentangan dengan norma yang berlaku di Indonesia. "Kami setuju agar Instagram yang berkonten penyimpangan seksual seperti gay atau LGBT tidak dipertontonkan di media sosial. Hal tersebut bertentangan dengan norma dan kepatutan dalam masyarakat kita," imbuhnya. (aen)

 

 

Berita Terkait

Nasional / Artis Selebgram Diusulkan Kena Pajak

Nasional / “Anak Baru Boleh Pegang Gadget Usia 13 Tahun”

Nasional / Generasi Muda Hati-hati Gunakan Internet


Baca Juga !.