Politik

Harapkan Capres Tawarkan Konsep Program Berkelanjutan

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Harapkan Capres Tawarkan Konsep Program Berkelanjutan - Politik

SERU-Suasana debat capres-cawapres 2019 jilid I.FOTO:IST

INDOPOS.CO.ID - Akademisi Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura Papua mengharapkan dari pelaksanaan debat calon presiden (capres) II pada Minggu (17/2/2019), kedua kandidat dapat menawarkan konsep serta program berkelanjutan khususnya di bidang energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unceh Mesak Ick di Jayapura, Jumat, mengatakan, pasalnya kesemua bidang tersebut akan bermuara kepada perkembangan perekonomian yang ke depannya berdampak kepada masyarakat.

"Misalnya untuk sumber daya alam, jika tidak dikelola dengan baik maka tidak akan mendatangkan dampak bagi masyarakat," ujarnya (15/2/2019). Menurutnya, jadi jika sumber daya alam jika hanya dijaga saja dan tidak dikelola dengan baik maka tidak akan bermanfaat sehingga dalam debat capres tersebut, kandidat harus menawarkan konsep bagaimana pengelolaannya lima tahun ke depan.

"Untuk lingkungan hidup misalnya, seharusnya ada yang menawarkan mengenai konsep ramah lingkungan sehingga dalam pembangunan lima tahun selanjutnya, kemajuan apa saja yang bisa diperoleh dan dirasakan masyarakat," terangnya.

Dia menjelaskan kaitannya dengan infrastruktur, seharusnya pembangunan jalan dan jembatan misalnya peruntukannya tepat sasaran, jadi bukan saja pembangunan tol namun jalan ke kampung serta desa yang dapat dinikmati oleh masyarakat kecil.

"Infrastruktur ini juga akan mengarah ke pengembangan pangan karena di mana penduduk semakin banyak dan kebutuhan semakin meningkat akan mendesak pemerintah untuk menyiapkan barang juga jasa guna memenuhi kebutuhan," tambahnya.

Dia mengemukakan dalam pengelolaan sumber daya alam pun berhubungan dengan energi, misalnya tawaran program kampung atau desa terang, otomatis harus dapat memanfaatkan yang ada di alam sehingga pada intinya dalam membangun membutuhkan waktu lebih dari lima tahun.(ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Politik / Mendagri Sebut Tak Ada Penggelembungan Data Kependudukan

Headline / Sidang MK Ditutup saat Adzan Subuh Berkumandang

Headline / Sidang Ketiga, Akses Jalan Depan Gedung MK Tetap Dibuka

Daerah / Warga Pamekasan Deklarasi Tolak Kerusuhan

Politik / Fadli Zon Dukung Pembentukan Pansus Kerusuhan Mei


Baca Juga !.