BPJS Ketenagakerjaan Blusukan ke Terminal Kampung Rambutan

INDOPOS.CO.ID – Dalam rangka mempermudah pelayanan terhadap masyarakat pekerja sektor informal Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Ceger melakukan jemput bola sekaligus sosialisasi ke Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (15/2/2019). Pekerja seperti pedagang kaki lima dan sopir angkutan diajak untuk menjadi peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Dengan rasa ingin tahu yang sangat tinggi ratusan pedagang dan sopir angkutan terlihat sangat antusias untuk mengikuti acara sosialisasi dan mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger Dani Santoso. Dani mengapresiasi Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral yang mendukung penuh program pemerintah untuk memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan masyarakat pekerja di Terminal Kampung Rambutan dan sekitarnya.

Baca Juga :

“Memiliki program jaminan sosial ketenagakerjaan itu sangat penting bagi seluruh masyarakat pekerja, apalagi pekerja sektor informal seperti pedagang dan sopir angkutan yang memiliki risiko pekerjaan tinggi,” kata Dani. Melalui program ini, pemerintah menjamin kesejataraan dan keselamatan pekerja bagi seluruh lapisan masyarakat indonesia melalui beberapa program. Yaitu, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Kematian (JKM). “Program JKK ini sangat istimewa, yaitu memberi manfaat penjaminan pemulihan tanpa batas biaya dan tanpa batas waktu alias unlimited untuk peserta yang mengalami kecelakaan kerja. Peserta akan ditangani sampai sembuh dan kembali bekerja,” cetusnya.

Begitu pula JHT merupakan tabungan untuk kesejahteraan pekerja di hari tua. Sedangkan JKM berupa santunan normatif ke ahli waris peserta yang meninggal duniai. Dia juga menjelaskan BPJS Ketenagakerjaan adalah suatu badan publik pemerintah yang diamanahkan oleh undang undang untuk meningkatkan kesejataraan bagi masyarakat pekerja tak terkecuali pekerja sektor informal atau dengan istilah BPU.

Di lain sisi Kepala Terminal Antar Kota Kampung Rambutan Emiral juga menyampaikan apresiasi yang setinggi- tingginya pada BPJS Ketenagakerjaan yang bersosialisasi program perlindungan untuk masyarakat pekerja terminal. Dalam sesi dialog, petugas BPJS Ketenagakerjaan menjawab semua pertanyaan peserta sosialisasi tentang jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja terminal, seperti pedagang kaki lima, para sopir angkutan umum, dan pengurus PO bus.

“Kami berharap dengan terselenggaranya acara sosialisasi ini masyarakat terminal khususnya yang belum mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan segera untuk mendaftar, karena program pemerintah ini sangat baik dan menguntungkan. Ini jangan di sia siakan,” ujarnya.

Sementara itu Indra salah satu peserta mengucapkan apresiasi pada BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan pengetahuan pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Turut hadir pada acara sosialisai BPJS Ketenagakerjaan Camat Ciracas Musa Safrudin dan Sekretaris Camat Ciracas Mujiono.(dni)

Komentar telah ditutup.