Bola Dunia

Rivalitas La Liga Tetap Kental Musim Depan

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Rivalitas La Liga Tetap Kental Musim Depan - Bola Dunia

ILUSTRASI - laga El-Clasico. Foto : IST

INDOPOS.CO.ID - Persaingan tiga pelatih papan atas di La Liga Spanyol mulai Ernesto Valverde, Santiago Solari, hingga Diego Simeone lumayan seru. Persaingan itu diharapkan berulang lagi musim depan. Terutama rivalitas antara Txingurri julukan Valverde kontra Simeone yang berlangsung enam musim terakhir.

Jumat WIB (15/2/2019) Valverde dan Simeone sama-sama mendapat perpanjangan kontrak di klubnya masing-masing. Sempat galau, dan ingin meninggalkan Camp Nou akhir musim ini, Barcelona memperpanjang kontrak Valverde semusim lagi sampai musim panas 2020. Nah, itu artinya masih ada waktu bagi entrenador 55 tahun itu memburu treble winners.

Kegagalan musim lalu yang masih menghantuinya sampai saat ini. Meski, musim ini La Blaugrana masih punya potensi itu di La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. ''Kami juga masih berharap musim spektakuler bersamanya (Valverde),'' tulis Barca dalam pernyataan pada situs resminya setelah memperpanjang kontrak mantan strikernya pada musim 1988–1990 itu.

Ya, tantangan itu ada di musim depan, musim terakhirnya. Tantangan terbesarnya adalah mencari solusi dari ketergantungannya kepada Lionel Messi. Berkontribusi dengan separo total gol Barca musim ini sudah bisa jadi bukti Messidependencia masih ada. Dari 92 gol Barca dari semua ajang, 46 gol di antaranya dari kreasi La Pulga. Rinciannya 29 gol dan 17 assists.

Selain Messi, rerata umur key players Barca pun makin menua musim depan. Musim ini, dari 11 pemain yang paling sering dimainkan Valverde, tujuh di antaranya sudah tembus kepala tiga. Antara lain: Luis Suarez, Gerard Pique (33), Messi, Arturo Vidal (32), Ivan Rakitic, Sergio  Busquets (31), dan Jordi Alba (30).

Tak hanya kepercayaan dari Presiden Josep Maria Bartomeu, ruang ganti Barca juga 100 persen di belakang Valverde. Seperti dilansir Mundo Deportivo. ''Kami merasa sangat nyaman,'' ucap bek kiri Alba. ''Kami pun akan sangat senang jika musim depan tetap bersamanya,'' imbuh Pique, bek Barca.

Geri sapaan akrab Pique menyebut beberapa kelebihan Valverde. ''Bisa mengendalikan ruang ganti, tenang, dan bagus kinerjanya,'' klaim bek yang sudah berhenti dari timnas Spanyol tahun lalu itu. Tantangan juga didapatkan Simeone. Petinggi Los Colchoneros julukan Atletico Madrid sampai memberinya ekstensi kontrak berdurasi panjang.

Dari yang awalnya tuntas dua musim lagi, ditambah jadi sampai musim panas 2022. Dia akan jadi pelatih aktif yang mampu menangani satu klub Spanyol dalam waktu sepuluh musim. Dalam situs resmi klub, El Cholo -julukan Simeone- tetap ingin mempertahankan label Atletico sebagai pengganggu dua Spanyol, Barca dan Real Madrid.

''Masa depan yang ada di depan kami sampai 2022 sangat menarik. Tetapi itu pun penuh tantangan. Saya memutuskan memperbarui kontrak dengan klub ini karena saya punya harapan yang tinggi untuk masa depan Atleti,'' ungkap Simeone. Keputusan ini sekaligus membuat Inter Milan dan Chelsea gigit jari. Dua klub ini yang kerap dikaitkan dengan Argentinos 48 tahun itu.

''Saya melihat kerja keras, fokus pemain supaya improve, kegembiraan dan peremajaan,'' imbuh Simeone. Atleti musim ini berkebalikan dengan Barca. Pada top six La Liga, Atleti satu-satunya klub yang masuk di tiga besar rata-rata usia termuda. Dengan rata-rata usia skuadnya di 26,1 tahun, mereka hanya kalah dari Real Sociedad (25,2 tahun) dan Celta Vigo (25,4 tahun).

Musim depan, mentalitas Antoine Griezmann dkk diyakini bisa lebih matang. Tak hanya meramaikan persaingan top three La Liga empat musim terakhir. Musim ini, hanya La Liga dan Liga Champions yang jadi asa Simeone. ''Saya bakal jalani satu demi satu laga. Fokus kami ada di Rayo Vallecano (jornada 24 La Liga malam nanti WIB),'' sebutnya. ABC mengklaim, musim depan sebagai awal dari jalan Simeone mewujudkan galactico-nya. Bersaing dengan galactico-nya Real, rival sekotanya.

Dari sekian banyak entrenador di La Liga musim ini, Santiago Solari yang bisa memberi kesulitan ke Valverde dan Simeone. Goal bahkan telah membanding-bandingkan Solari dan top manager Eropa lainnya. Termasuk Valverde dan Simeone. Pada musim ini El Indiecito julukan Solari sudah membukukan 76,9 persentase menang dari 26 laganya bersama Los Merengues.

Lebih tinggi dari Thomas Tuchel (Paris Saint-Germain) dengan 75 persen, Massimiliano Allegri (Juventus) 74 persen, dan Niko Kovac (Bayern Muenchen) 71 persen. Meskipun, Solari belum tentu bertahan di Valdebebas musim depan. ''Real belum hancur. Dia (Solari) yang sudah diinginkan tim ini dan sosok yang paling tepat,'' klaim kapten Real Sergio Ramos. (koc)

TAGS

Berita Terkait

Bola Dunia / Bisa Jadi Terburuk

Bola Dunia / Begitu Saja Ngambek, Bale!!!

Bola Dunia / Panggung Kompromi Ban Serep

Total Football / Barcelona Bungkam Real Madrid di Bernabeu

Total Football / Cristiano Ronaldo Terancam Absen di El Clasico

Total Football / Buat Siapa Tepuk Tangan Ramos Setelah Keluar Lapangan?


Baca Juga !.