Megapolitan

Pipa Bocor, 70 Ribu Warga Alami Krisis Air

Redaktur: Syaripudin
Pipa Bocor, 70 Ribu Warga Alami Krisis Air - Megapolitan

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Sekitar 70 ribu warga mengalami krisis air bersih. Itu terjadi setelah bocornya pipa penyalur air milik PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Tangerang. Akibatnya warga terpaksa membeli air bersih dari pedagang air keliling dan membeli air galon untuk kebutuhan sehari-hari.

Mamat Sudiri, salah satu pelanggan PDAM TKR mengaku ketiadaan pasokan air sangat dirasakan warga Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Dia mengaku ketiadaan air bersih telah terjadi selama dua hari. Dia terpaksa membeli air bersih karena air PDAM TKR tidak mengalir.

 "Awalnya air keluar kecil, dan malamnya langsung berhenti. Sejak dua hari kami beli air dari pedagang air keliling. Informasinya karena pipa PDAM TKR bocor lagi," katanya saat ditemui, Jumat (15/2).

Terhentinya pasokan air selama dua hari itu, membuat Mamat harus kerepotan. Karena tidak bisa mandi, buang air, mencuci baju, cuci piring dan lainnya. Sedangkan untuk memasak makanan dan minum, mereka terpaksa membeli air galon isi ulang. 

"Kami harus antre ambil air tanah di Balai Warga. Semua warga begitu, kebutuhanan buat MCK pakai air tanah. Tidak dikonsumsi soalnya bau besi dan keruh," paparnya.

Serupa juga dialami Linda Ami Farhan, warga Perumnas II, Kota Tangerang. Pelanggan PDAM TKR ini memilih menggunakan air isi ulang guna kebutuhan sehari-hari. Akibatnya mereka pun harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli air galon tersebut.

"Jadi tambah pengeluaran karena pasokan air dari PDAM TKR terhenti. Terpaksa pakai air isi ulang yang harganya Rp 4.500/galon. Sehari bisa habis 4-5 galon," ungkapnya. Linda berharap PDAM TKR segera memperbaiki pipa yang bocor agar air bersih kembali disalurkan ke rumah mereka. Sebab terhentinya pasokan air ini sangat menggangu kegiatan mereka sehari-hari.

Sementara itu, Humas PDAM TKR Kabupaten Tangerang Samsudin Endu mengatakan terhentinya pasokan air bersih untuk 70 ribu pelanggan terjadi karena adanya kebocoran pipa di wilayah Kota Tangerang. Kebocoran pipa itu karena adanya perbaikan jaringan pipa yang tengah dilakukan pihaknya.

”Saat pemisahan interkoneksi, antara saluran untuk pelanggan di Kota Tangerang dengan Kabupaten Tangerang, berdampak pipanya bocor. Air akan pelan-pelan normal kembali,” terangnya. Untuk mengatasi masalah itu, Samsudin menuturkan, PDAM TKR menyediakan 4-5 unit truk tangki untuk didistribusikan ke sejumlah pemukiman warga. Terutama ke tempat-tempat fasilitas umum. (cok)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Anies Jamin Air Bersih

Megapolitan / Anak-Anak dan Manula Rusun Karet Tengsin Dapat Kacamata Gratis

Megapolitan / Anies Ingin Masyarakat Tahu Perkembangan Ambil Alih Kelolaan Air Bersih

Megapolitan / Anies Ingin Air Bersih DKI untuk Sebesar-besarnya Kemakmuran Rakyat

Megapolitan / Anies Baswedan Pastikan Swasta Tak Akan Lagi Kuasai Air Bersih


Baca Juga !.