Megapolitan

Anies Minta Guru Didik Siswa agar Berkreativitas

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Anies Minta Guru Didik Siswa agar Berkreativitas - Megapolitan

TELADAN- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama para guru Al Irsyad. Foto : IST

INDOPOS.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka dan memberikan kepada para kepala  dan guru Sekolah-Sekolah Al Irsyad. Arahan dari Anies adalah mengenai keterampilan guru di abad 21 yang harus ditumbuhkan agar siswa kreativitas dan kecerdasan.

Acara semiloka pendidikan akidah dan mabadi Al Irsyad yang dibuka langsung Gubernur Anies bertema  memperkuat pemahaman aqidah dan mabadi Al Irsyad di sekolah-sekolah Al Irsyad. Acara itu di laksanakan di Jakarta, Sabtu (16/2/2019)

Menurut Anies, kualitas karakter harus menjadi penumbuh dalam mendidik siswa. Karenanya setiap siswa harus memiliki karakter moral  serta memiliki integritas, kejujuran, empati, keberanian dan empati. ”Siswa harus dididik agar memiliki kreativitas," tuturnya.

Pesan Anies, bila mengelolah sekolah adalah bagaimana sekolah-sekolah bisa mendidik siswa agar miliki karakter-karakter kreatif, berpikir kritis, komunikasi dan kolaborasi. "Bekali mereka dengan amunisi yang benar agar memenangkan pertempuran dengan tepat. Dan murid-murid menjadi pemenang di masa depan," ucapnya.

Dewan Fatwa Perhimpunan Al Irsyad Dr Sofyan bin Fuad Baswedan mengatakan kata-kata yang baik diumpamakan seperti akar pohon yang mengakar meski tidak terlihat oleh orang. Pohon yang baik batangnya kokoh dan buahnya banyak. Kalau akarnya baik dan kokoh dia pasti kuat.

"Akarnya itu adalah akidah. Akhlak namanya buah. Karenanya bila sistem pendidikan yang tidak menanamkan akidah, maka akan rusak pendidikan tersebut," terangnya. Yang penting, jelasnya, akidah tidak hanya sekedar menjadi wawasan dan teori saja.  Untuk itu seorang guru harus memiliki skill dan kemampuan untuk mendidik siswa.

"Memang kebenaran menurunkan Al Quran itu berat. Karena itulah harus ada metodologi. Seorang guru harus menguasai dan mempunyai kreatifitas," pungkasnya.(mdo) 

Berita Terkait


Baca Juga !.