Hobi

Lahirkan Barista Milenial Sejak Dini

Redaktur: Jakfar Shodik
Lahirkan Barista Milenial Sejak Dini - Hobi

KOPI MILENIAL - Para barista pemula berlomba dalam meracik kopi di Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019). Foto: Josevicar Iqbal /INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Bagi para pencinta kopi di DKI Jakarta, meracik kopi tak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, berbagai perlombaan untuk melahirkan Barista-Barista muda milenial dalam meracik kopi dengan cita rasa tinggi sangat dibutuhkan. 

"Jadi, kami adakan lomba Santa Aeropress Championship (SAC) ini dengan harapan menjadi platform positif bagi barista pemula. Artinya, semoga kopi-kopi Indonesia dapat terangkat kembali seperti yang dilakukan lomba barista di Pasar Santa ini," ujar Ketua Panitia SAC Ikhsan Owner Kamar Kopi di Jakarta, Minggu (17/2/2019). 

Kepala Pasar Santa, Ahmad Subhan menambahkan, dengan kegiatan itu, banyak peminat untuk berdagang kopi di Pasar Santa. Tingkat pengunjung di Hari Sabtu - Minggu ini ramai. 

"Ini kegiatan edisi kedua. Pertama diikuti internal pedagang Pasar Santa. Giat kedua diikuti peserta dari Bandung, Bogor, dan Depok,” tegasnya.

Dari kacamata dia, kopi sudah merambah ke milenial anak muda. Jangankan yang anak kuliahan, yang anak SMP juga mencoba membuatnya. 

Harapan ke depan, dengan adanya lomba ini semoga bisa memberikan kontribusi yang baik untuk anak muda pencinta kopi. 

Ikhsan menuturkan, kenapa, jadi giatnya di Santa dan alat seduhnya Aeropress. Di Jakarta, Aeropress juga menjadi kejuaraan Nasional dan Internasional. “Kami mengadaptasi dari skup kecilnya, dari 24 peserta kini sudah mengerucut jadi 8 peserta dan final menjadi 3 peserta,” jelasnya.

"Banyak faktor mempengaruhi rasa kopi. Dari cara teknis nyeduh, temperatur dan offer offnya. Teknik seduh dan kualitas air sangat mempengaruhi rasa kopi. Air untuk menyeduh kopi harus fresh. Jadi, kalau rasa kopi kurang baik maka kualitas airnya jelek," ujar Toni Wahid, 50, selaku penggiat kopi. 

Ditambahkan Toni, sebagai penggiat kopi, kopi akan terus maju pesat terutama di kota-kota besar dan kecil. Tiga tahun ke depan akan maju giat usaha kopi ini dari usaha kopi yang kecil-kecilan hingga BUMN. “Kopi ini cukup gurih dan bagaimana konsumsi kopi perkapita harus ditingkatkan di Ibu Kota,” katanya. (ibl)  

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Iqbaal Ramadhan Tertarik Tekuni Bisnis Kopi

Nasional / HKTI Ajak Milenial Turun ke Sawah


Baca Juga !.