Politik

Jokowi Tanya Unicorn, Prabowo Jawab Uang RI ke Luar Negeri

Redaktur: Jakfar Shodik
Jokowi Tanya Unicorn, Prabowo Jawab Uang RI ke Luar Negeri - Politik

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto Foto: Charlie Lopulua/ INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Capres Joko Widodo (Jokowi) bertanya kepada Prabowo Subianto soal cara mendukung perkembangan startup unicorn Indonesia. Capres nomor urut 02 itu sempat memastikan terlebih dahulu maksud unicorn yang disampaikan Capres nomor urut 01. 

”Infrastruktur apa yang akan Bapak bangun untuk mendukung perkembangan unicorn Indonesia?" kata Jokowi dalam debat ke-2 capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). ”Yang Bapak maksud unicorn? Maksudnya yang online-online itu, iya, kan?," kata Prabowo bertanya balik. 

Jokowi tampak tidak mendengar jelas pertanyaan balik Prabowo sehingga tidak merespons dengan jawaban jelas. Prabowo lantas memaparkan komitmennya untuk perkembangan unicorn Indonesia. Jika terpilih, Prabowo akan memangkas sejumlah regulasi yang menurutnya, bisa memperlancar perkembangan startup unicorn di Indonesia. ”Kita kurangi regulasi, kurangi pembatasan karena mereka lagi giat-giatnya dan pesat-pesatnya berkembang. Saya akan dukung sebagai upaya memperlancar. Mereka juga mengalami kesulitan dalam arti merasa ada tambahan-tambahan regulasi. Mereka mau dipajaki rupanya dalam jaringan online. Ini yang mereka juga mengeluh,” kata Prabowo.

Prabowo menegaskan, mendukung perkembangan startup unicorn di Indonesia. ”Jadi, saya menyambut baik, dinamika perkembangan seperti itu luar biasa pesatnya dan ini memungkinkan membuka peluang yang luar biasa. Saya mendukung hal seperti itu,” ucap Prabowo. 

Namun, Prabowo juga khawatir, unicorn dan teknologi hebat itu bisa mempercepat arus uang dari Indonesia ke luar negeri. ”Ini hal-hal mendasar Pak Jokowi. Saya lihat dalam perekonomian RI terjadi suatu disparitas. Segelintir orang, kurang dari satu persen mengusai lebih dari setengah kekuasaan kita,” tutur Prabowo. ”Jadi, kalau ada unicorn-unicorn. Ada teknologi hebat, saya khawatir mempercepat uang kita lari ke luar negeri,” aku Prabowo. ”Silakan Anda ketawa. Tapi ini masalah bangsa,” tutur Prabowo.

Menurut Prabowo, kekayaan Indonesia tidak pernah ada seluruhnya di dalam negeri. Bahkan menurutnya mayoritas ada di luar negeri. ”Kalau kita tidak hati-hati dengan antusiasme untuk internet, e-commerce, e ini, e itu. Saya khawatir ini bisa mempercepat uang lari dari dalam negeri ke luar negeri. Ini saya bukan saya pesimis,” tutup Prabowo. (aen) 

 

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / Jokowi-Ma'ruf Amin Menang Telak di Jatim

Headline / Jokowi-Ma'ruf Amin Menang Telak di Jatim

Politik / Suara 02 Menang Telak di Tasikmalaya

Politik / Suara 02 Menang Telak di Tasikmalaya

Politik / Pasangan 01 dan 02 Imbang di Tunisia

Politik / Pasangan 01 dan 02 Imbang di Tunisia


Baca Juga !.