All Sport

Anggaran Olimpiade Tokyo Melonjak

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Anggaran Olimpiade Tokyo Melonjak - All Sport

Ilustrasi Olimpiade Tokyo 2020

INDOPOS.CO.ID - Usaha panitia Olimpiade Tokyo 2020 untuk berhemat belum terwujud. Minggu (17/2/2019), misalnya, panitia penyelenggara memastikan dana yang mereka butuhkan untuk menyelenggarakan upacara pembukaan dan penutupan bengkak mencapai 40 persen dari rencana awal.

CEO Panitia Penyelenggara Olimpiade 2020 Tokyo, Toshiro Muto, sudah melaporkan hal tersebut kepada beberapa anggota komite eksektif Olimpiade 2020. Dalam laporannya, Muto menyebut dana yang dibutuhkan upacara pembuka dan penutup ajang empat tahunan itu kini mencapai 13 Miliar Yen atau USD 118 juta (Rp 1,6 Triliun). Itu lebih besar dari rencana awal yakni 9,1 juta Yen atau USD 82 juta (Rp 1,1 Triliun).

Meski demikian, Muto menyebut pembengkakan kebutuhan dana itu tidak sampai membuat total anggaran operasional Olimpiade yang sebesar 600 miliar Yen atau USD 5,5 Miliar (Rp 77 Triliun) ikut membengkak. Pasalnya, tambahan dana itu masih bisa ditalangi melalui dana cadangan Olimpiade. “Ini sudah dana paling minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan ini,” kata Muto di Tokyo, Minggu (17/2/2019).

Sampai saat ini, pemerintah Jepang sudah mengeluarkan dana USD 20 Miliar(Rp 282 Triliun) untuk membuat kota Tokyo siap menyambut Olimpiade. Itu diluar dana operasional yang dibutuhkan untuk memastikan acara berjalan lancar. Dana operasional didapat dari sponsor-sponsor swasta. Sementara dana untuk mempersiapkan kota Tokyo menyambut Olimpiade dianggarkan dari pemerintah pusat, kota, dan provinsi.

Sejak tahun lalu, panitia penyelenggara sudah mempercayai seniman lokal Mansai Nomura sebagai Chief creative director upacara pembukaan dan penutupan olimpiade. Ajang ini bakal berlangsung tahun depan pada 24 Juli sampai 9 Agustus. (koc)

Baca Juga


Berita Terkait

Raket / Tunggal Putri Jalan di Tempat

All Sport / Panahan Loloskan Dua Atlet ke Olimpiade Tokyo

All Sport / 10 Atlet Panjat Tebing Berebut Tiket Olimpiade

All Sport / Pelatih Sebut Zohri Bisa Bersaing di Olimpiade

Raket / Olimpiade 2020, Jojo Pimpin Race to Tokyo


Baca Juga !.