Banten Raya

Hari ini, Jokowi Bagikan 5 Ribu Sertipikat PTSL

Redaktur: Syaripudin
Hari ini, Jokowi Bagikan 5 Ribu Sertipikat PTSL - Banten Raya

PERSIAPAN-Kakanwil BPN Banten Andi Tenri Abeng bersama Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Kakantah BPN Kabupaten Tangerang Himsar mengecek kesiapan pembagian 5 ribu sertifikat tanah PTSL.  Foto: Yasril Chaniago/INDOPOS 

INDOPOS.CO.ID - Presiden  Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan membagikan ribuan sertipikat tanah program Pendaftraan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2018 di kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang hari ini, Senin (18/2/2019).

”Rencananya, bapak Presiden membagikan sertipikat sebanyak 5 ribu bidang PTSL kepada masyarakat Kabupaten Tangerang,” terang Himsar, kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang kepada INDOPOS, Minggu (17/2/2019).

Dia juga mengatakan pada 2018, BPN Kabupaten Tangerang mendapat penugasan dari Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Banten menyelesaikan program PTSL sebanyak 70 ribu bidang. ”Rencana pembagian 5 ribu bidang sertipikat PTSL oleh presiden, bagian dari penugasan PTSL yang 70 ribu bidang itu,” terangnya juga.  

Himsar juga mengatakan, rencana pembagian sertipikat PTSL oleh Presiden Jokowi itu merupakan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya juga diserahkan sebanyak 5 ribu bidang PTSL yang dihelat di ICE BSD pada 26 September 2018 lalu.

Dia juga memaparkan, program PTSL itu menggandeng tim Saber Pungli Polres Kota Tangerang untuk ikut mengawasi proses pelaksanaan, agar program andalan Presiden Jokowi itu tepat sasaran, transparan, akuntabel, dan bersih dari aksi pungli.  

Selain itu, Himsar juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Kanwil BPN Banten Andi Tenri Abeng, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan para stakeholder yang memberikan suport kepada BPN Kabupaten Tangerang, sehingga pihaknya sukses menyelesaikan PTSL 2018.

”Penyerahan sertipikat ini merupakan bagian dari program strategis akselerasi legalisasi aset yang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN. Tahun 2019 ini kami mendapatkan tugas PTSL sebanyak 40 ribu bidang,” cetusnya juga.

Sementara itu, Kepala Kanwil BPN Banten Andi Tenri Abeng yang dikonfirmasi INDOPOS membenarkan rencananya Presiden Jokowi akan membagikan sertipikat tanah sebanyak 5 ribu bidang yang akan berlangsung di Puspemkab Tangerang, Senin (18/2/2019) pukul 11.00 WIB.

Dia berharap, sertipikat tanah tersebut bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan warga Kabupaten Tangerang. ”Karena tanah yang sudah bersertipikat akan mengurangi konflik atau sengketa,” tukasnya.

Sedangkan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengaku berterimakasih dengan jajaran BPN Kabupaten Tangerang yang telah membantu puluhan ribu warganya membuat sertipikat tanah gratis. ”Pemkab Tangerang akan selalu siap bekerjasama dengan BPN Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Bentuk bantuan Pemkab Tangerang kepada BPN Kabupaten Tangerang salah satunya dengan hibah Rp 5 miliar untuk pembangunan gedung arsif guna menyimpan dokumen warkah pertanahan milik masyarakat setempat agar aman, tertib dan tertata dengan baik. (yas)

 

 

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / Jokowi Mendadak Ingin ke Labuan Bajo

Headline / Jokowi Larang Tidak Saling Sapa di Antara Kita

Headline / Juli Bicarakan Tambahan Parpol Koalisi

Politik / Denny JA Desak Jokowi Perkuat Politik Reformasi


Baca Juga !.